Info Pendidikan News – Kota Bekasi – Untuk membiasakan siswanya berorganisasi, SMKN 1 Bekasi bentuk Koperasi Siswa Maju Bersama di lingkungan sekolahnya.

Dari penuturan Kepala Selolah SMKN 1 Bekasi, Sugiyono, Koperasi Siswa Maju Bersama yang diluncurkan pada awal Oktober 2018 yang lalu, merupakan lanjutan program yang digelontorkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, beberapa waktu yang lalu di Kota Bekasi.

“Kami ingin siswa lebih aktif di dalam berorganisasi dan peluncuran Koperasi Siswa Maju Bersama ini merupakan realisasinya,” kata Sugiyono.

Dengan sistem keorganisasian yang melibatkan dan dijalankan langsung oleh siswa, koperasi ini diharapkan mampu menjadi salah satu elemen pembelajaran bagi siswa SMKN 1 Bekasi.

“Koperasi ini diharapkan menjadi salah satu proses pembelajaran bagi siswa di sekolah,” tegasnya.

Dijelaskannya pula, untuk sistem pengoperasiannya sendiri dibagi menjadi sistem piket mulai hari senin hingga jumat. Dimana setiap harinya, terdapat 6 siswa yang bertugas menjalankan koperasinya.

“Ada 6 siswa yang bertugas setiap hari senin sampai jumat dan koperasi ini dibuka pada saat waktu istirahat saja, yakni pada pukul 09.30-10.00, pukul 11.40-12.10 dan pukul 15.00-15.30 sore,” tambahnya.

Diakuinya, untuk saat ini Koperasi Siswa Maju Bersama SMKN 1 Bekasi hanya menjual kebutuhan dan perlengkapan belajar siswa.

“Koperasi ini baru menjual kebutuhan dan perlengkapan belajar siswa dan nantinya koperasi ini akan kamk buka untuk umum,” pungkasnya. ■ Red/ Ris