MKKS SMK Usulkan Adanya Wisata Edukasi Industri di Kota Bekasi

0
774

Bekasi, Info Pendidikan                            Keberadaan dunia SMK tidak bisa lepas dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Terkait hal tersebut, Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Bekasi, mengusulkan adanya wisata edukasi industri.

Saat dikonfirmasi, Ketua MKKS SMK Kota Bekasi, Boan, menuturkan usulan untuk menjadikan lokasi industri menjadi lokasi wisata edukasi, sudah disampaikan ke pihak terkait baik di tingkat Provinsi Jawa Barat maupun Dinas Pendidikan Jawa Barat.

“Sudah kami sampaikan usulan tersebut kepada pihak terkait,” tutur Boan.
Dijelaskannya, untuk wisata edukasi industri tersebut nantinya bisa disesuaikan dengan kurikulum yang ada. Sehingga hal ini juga bisa bermanfaat bagi mereka.
“Harus disesuaikan dengan kurikulum yang ada dan hal ini pastinya bisa berdampak positif,” ungkapnya.

Diakuinya, untuk usulan tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait yang ada di Kota Bekasi dan Provinsi Jawa Barat serta Dinas Pendidikan Jawa Barat.
Sehingga para siswa SMK nantinya juga bisa mendapatkan soft skill tambahan terkait keahlian atau jurusan yang diambilnya.

“Akan kami koordinasikan dengan pihak terkait, karena dibeberapa daerah hal ini sudah berjalan dan mudah-mudahan di Kota Bekasi bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini,” harap Boan. Terpisah, Wakasek Hubungan Industri SMK Negeri 6 Bekasi, Wawan, menyatakan sangat setuju mengenai usulan wisata edukasi industri bagi SMK.

Ia beranggapan, selain menambah wawasan, siswa juga mendapatkan gambaran mengenai dunia usaha dan dunia industri serta kebutuhan akan tenaga kerjanya.
“Saya sangat setuju sekali terkait hal itu, bahkan para siswa nantinya bisa memiliki gambaran akan dunia industri dan kebutuhan akan SDM-nya,” pungkasnya. ■ RIS