SMPN I Kota Bekasi Sandang Predikat Kantin Sekolah Bersih Dan Sehat dari BPOM

0
1611

Bekasi, Info Pendidikan                                   Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bekasi meraih predikat kantin sekolah Bersih dan Sehat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Ketua Tim Keamanan Pangan SMPN 1 Bekasi, Susi Widya Hesti, mengemukakan pihaknya mengikuti perlombaan keamanan pangan setelah menerima undangan dari Dinkes.

Karena itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana ini, menilai kompetisi tersebut perlu dan akhirnya memutuskan untuk berpartisipasi ikut kegiatan tersebut dimulai dari pelatihan kantin sekolah bersih tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan selama dua bulan.

“Ada 42 sekolah yang mengikuti perlobaan dan pelatihan Se-Jawa Barat. Pelatihan yang di adakan tentang bagaimana keamanan pangan kantin sekolah, apakah mengandung zat pengawet atau tidak,” ujar Susi Widya Hesti kepada KanalBekasi.com, di sekolah beberapa waktu lalu.

Menurut Susi, usai mengikuti pelatihan tersebut, BPOM menggelar sidak dan penilaian terhadap kantin di setiap sekolah. Pengecekan oleh tim penilai berdasarkan bahan pangan yang digunakan.

Setelah kegiatan proses pengecekan dilakukan oleh BPOM kata Susi, akhirnya SMPN 1 Bekasi, diumumkan mendapat predikat kantin sekolah bersih terutama dari bahan pangan yang digunakan.

“Alhamdulillah, kantin kita mendapat predikat sehat, bersih. Dengan kriteria bebas dari bahan seperti Borak, Formalin, Rodamin, Metil. Selain itu di kantin kita UMKM nya wajib menggunakan celemek, penutup kepala, capitan, bak sampah, tujuannya untuk makanan kondisi steril,” ungkapnya.

Sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA di Kota Bekasi, diikut sertakan dalam perlombaan kantin sehat. Selain SMPN 1 Bekasi, predikat kantin sehat juga diraih oleh SMAN 1 Bekasi.■ RIS