Info Pendidikan News – Bekasi Kota – Penguasaan bahasa asing bagi para siswa di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dinilai sangatlah penting.

Ditambah lagi di era seperti saat ini yang mengedepankan teknologi dan pasar bebas, penguasaan bahasa asing dinilai hal wajib bagi lulusan SMK di dalam bekal mereka mencari pekerjaan.

Melihat hal tersebut, salah seorang tenaga pendidik bahasa Inggris SMK Negeri 6 Bekasi, Arie Masriah, mengatakan pentingnya penguasaan dan pemahaman bahasa asing, seperti bahasa Inggris bagi siswa SMK, menjadi salah satu keahlian tambahan bagi para siswanya.

“Pengusaan dan pemahaman bahasa asing menjadi soft skill tambahan bagi para siswa di tingkat SMK yang memang diorientasikan untuk siap menghadapi dunia kerja ketika lulus nanti,” tuturnya.

Didasari hal tersebut, SMK Negeri 6 Bekasi pun menggenjot peningkatan pemahaman siswanya melalui TOEIC, sehingga nantinya para lulusannya mampu dan bisa bersaing dengan lulusan sekolah lainnya di luar Kota Bekasi.

Dengan menggandeng sejumlah stake holder untuk mengembangkan dan mengukur kemampuan pemahaman serta pengetahuan siswanya akan bahasa Inggris melalui TOEIC, sejumlah prestasi membanggakan pun diraih sejumlah siswa SMK Negeri 6 Bekasi dengan meraih paket magang di salah satu negara di Asia, yakni Australia.

“Alhamdulillah, dua orang siswa kami berhasil mendapatkan nilai tes TOEIC yang cukup memuaskan dan mereka pun berkesempatan mengikuti magang di Australia,” paparnya penuh semangat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Bekasi, Dyah Sulistianingsih, mengaku bahwa pendalaman bahasa Inggris yang dilakukan oleh siswa SMK, memang memiliki pengaruh yang sangat penting.

Selain sebagai keahlian tambahan disamping jurusan yang mereka dalami di sekolah, keberhasilan dua orang siswa SMK Negeri 6 berangkat ke Asutralia tersebut membuktikan hal ini sangatlah perlu diperhatikan.

“Keberhasilan siswa kami ini menjadi bukti nyata bahwa bahasa asing seperti bahasa Inggris sangatlah penting, mengingat Indonesia sudah mengikuti era pasar bebas beberapa waktu yang lalu,” pungkasnya.■ Red/ Ris