Info Pendidikan News – Tanggamus-
Tim survei Bidan Praktek Mandiri (BPM) Kabupaten Tanggamus, Asiawati SST.MKes, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tanggamus, Yeti. SST. Bersama tim IBI Ranting Kecamatan Pugung, Apriana Amd.Keb dan sekretaris IBI Ranting Kecamatan Pugung. Melakukan survei sabtu 02/02/2019 ditempat Bidan Praktek Mandiri Bidan Eni Septiani, SST. di Pekon Banjar Agung.

Tim survei BPM Tanggamus yang dipimpin Asiawati, SST.MKes, meninjau langsung  tempat Bidan Praktek Mandiri, Eni Septiani SST, yang baru berdiri di Pekon Banjar Agung Kecamatan Pugung ini, untuk melihat langsung sejauh mana persiapan standarisasi sarana prasarana, alat-alatnya, bentuk pelayanannya dan jumlah tenaga Bidan yang ada di BPM ini.

Asiawati SST.MKes mengatakan di sela kunjungan ke tempat Bidan Praktek Mandiri Eni Septiani SST, bahwa tim survei BPM yang dipimpinnya sesuai dengan pengajuan ijin praktek Kesehatan Ibu dan anak yang sudah dilakukan oleh bidan, Eni Septiani, SST. “setelah kami melihat langsung ke tempat ini hasilnya, semua persiapan dan fasilitas yang ada di tempat Bidan Eni Septiani, SST sudah memenuhi persyaratan adapun kekurangan fasilitas dan ketentuan peraturan yang di tentukan dapat menyusul, “ungkapnya.

Asiawati, menambahkan bahwa Peraturan dinas kesehatan Permenkes Tahun 2018 mengenai Perizinan Bidan Praktek Mandiri, Ketentuan fasilitas praktek BPM adalah salah satu pertimbangan, seperti sarana dan prasarana, tempat praktek, standardisasi pelayanan, dan jumlah bidan yang praktek, standardisasi itu sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi,” ujarnya.■ HERI APRI