Info Pendidikan News – Kota Bekasi – Sebagai wujud pembentukan karakter dan membekali ilmu agama kepada siswa di lingkungan sekolahnya, ratusan siswa SMPN 11 Bekasi tadarusan alquran.

Kepala Sekolah SMP Negeri 11 Bekasi, Jamjuri, saat ditemui di sekolahnya menuturkan budaya membaca alquran sebelum jam pelajaran dimulai merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sekolah setiap harinya.

Dengan dibimbing oleh para tenaga pendidik, para siswa bukan hanya diajak membaca alquran saja, melainkan mereka juga diajak mengkaji setiap ayat yang mereka baca.

“Sebelum jam pelajaran dimulai, para siswa dan tenaga pendidik serta tenaga kependidikan di sekolah melaksanakan tadarus alquran,” tuturnya.

Sambung dia, untuk waktu pelaksanaan tadarusnya sendiri, biasanya para siswa sudah mulai sejak pukul 06.20 sampai pukul 07.40 pagi yang disambung dengan salah dhuha berjamaah.

“Setelah tadarus mereka langsung melaksanakan salat dhuha berjamaah,” katanya.

Selain itu, untuk memberikan suasana pembelajaran yang kondusif, para guru juga ikut menyambut siswa di pintu masuk gerbang sekolah.

“Sebelum tadarus dimulai, kami menyambut para anak didik kami digerbang sekolah, hal ini untuk menghadirkan suasana belajar yang kondusif,” paparnya.

Sementara itu, Kesiswaan SMP Negeri 11 Bekasi, Heni Nuryani, mengatakan budaya tadarus alquran dan menyambut siswa di depan pintu gerbang sekolah menimbulkan efek yang positif bagi siswa dan tenaga pendidik itu sendiri.

“Ada hubungan simbiosis mutualisme dengan sendirinya, selain siswanya merasa nyaman, mereka pun lebih mudah mencerna pelajaran di dalam kelas,” tukas Heni. ■ RIS