Info Pendidikan News – Kota Bekasi – Sebanyak 52 Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bekasi melaksanakan serah terima jabatan (sertijab)Kepala Sekolah, jum’at (08/02/2019). Kegiatan sertijab tersebut dilaksanakan di Aula lt.III Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan stempel berikut buku rekening Sekolah masing-masing. Hadir dan disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi H.M. Ali Fauzie M.Pd, pejabat Dinas Pendidikan dan Pengawas Sekolah SD.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, H.M Ali Fauzie M.Pd, menyampaikan kepada seluruh Kepala Sekolah yang mengikuti sertijab dapat dan mampu melaksanakan tugas, tanggung jawab sebaik mungkin dalam rangka meningkatkan mutu, manajemen, serta layanan pendidikan di sekolah tempat mereka bertugas. Ali Fauzie juga mengatakan setelah dilakukan sertijab ini seluruh Kepala Sekolah pada hari senin mendatang sudah langsung dapat memimpin upacara di sekolah masing-masing.

Kegiatan sertijab ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Keputusan Wali Kota Bekasi No : 820/kep.16-BKPPD/1/2019 yang di keluarkan pada tanggal 24 januari 2019 lalu. Mutasi dan pengangkatan Kepala Sekolah, merupakan kebutuhan juga sebagai upaya penyegaran di lingkungan Pendidikan Kota Bekasi dengan mempertimbangkan kinerja dan prestasi guru yang di promosikan menjadi Kepala Sekolah. Dalam pengangkatan Guru menjadi Kepala Sekolah sudah diatur dalam Permendikbud No 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah.

“Mutasi dan promosi Kepala Sekolah bagian dari upaya meningkatkan mutu Pendidikan di Kota Bekasi dan dilakukan sesuai dengan mekanisme maupun aturan yang tertuang dalam Permendikbud No.6 tahun 2018,” kata Ali Fauzie.

Oleh karena itu kepada kepala sekolah, Ali Fauzie, berpesan Kepala Sekolah baru maupun yang mutasi bisa menunjukkan prestasi kerja dengan sebaik-baiknya dalam memajukan Pendidikan di Kota Bekasi Dan bisa berfungsi sebagai leader, educator, motivator, inovator, manager, administrator, dan supervisor di Sekolahnya masing-masing, “ungkap Ali.

Ali Fauzie menambahkan, ke 52 Kepala Sekolah yang melakukan sertijab, 37 di antaranya mendapatkan promosi dari guru menjadi Kepala Sekolah dan 15 Kepala Sekolah  mendapat mutasi maupun rotasi. Dengan harapan usai dilakukan sertijab ini, kepala sekolah baru maupun Kepala Sekolah yang mutasi segera melaksanakan tupoksinya dan beradaptasi dengan lingkungan kerja serta masyarakat dengan penuh tanggung jawab.

Kadisdik yakin bahwa Kepala Sekolah yang melaksanakan Sertijab, baik yang promosi maupun mutasi merupakan guru terbaik, “Sudah dianggap mampu berdasarkan masukan maupun penilaian, sudah menjalani bimbingan maupun pembekalan di berbagai kesempatan dan sudah memiliki sertifikat calon Kepala Sekolah sebelum mencapai jenjang sebagai Promosi Kepala Sekolah,” tambahnya.
■ JOS