Info Pendidikan News – Tanggamus –
Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Gizi Nasional (HGN) Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengelar Upacara Bendera di Lapangan Pemkab Tanggamus, Senin (18/2/19) pagi.

Hadir Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM, bertindak sebagai inspektur dalam upacara peringatan tersebut dan Komandan Upacara di pimpin oleh Joko Suprihatin beserta Perwira Upacara Derius Putrawan dari Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus.Adapun yang hadir dalam upacara tersebut selain Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dan Wakil Bupati Hi. AM. Safii, di hadiri juga oleh, Dandim 0424/TGM yang diwakili Kasdim Mayor Inf Suhada Erwin, Forkopimda, beserta sejumlah  Organisasi Profesi Wartawan yang ada di Kabupaten Tanggamus seperti, PWI, KWRI, AWPI, IWO, AJOI, PWRI dan BMT.

Dalam Sambutanya Kapolres AKBP Hesmu Baroto, SIK.MM, mengatakan sesuai dengan tema Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2019 di Jawa Timur bertemakan “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” untuk itu sejak berdirinya UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, perkembangan pers tumbuh subur di negara kita, Pers merupakan pilar bagi semangat demokrasi untuk mewujudkan hak-hak dasar masyarakat dalam rangka mendapatkan informasi yang luas dan benar.

“Pers adalah pilar ke empat, setelah eksekutif, yudikatif dan legislatif untuk itu diharapkan Pers juga mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah, termasuk mampu menciptakan pemerintah yang demokratis,” ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa pemerintah  sangat berkepentingan terhadap keberadaan Pers sebagai salah satu alat pengendali pelaksanaan program pembangunan di daerah ini.

“Banyak sekali program utama yang telah diagendakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus terutama program peningkatan kualitas sumberdaya manusia, tata kelola pemerintah yang baik, budaya pelayanan publik yang ramah, amanah, tegas dan unggul, sekolah gratis, berobat gratis, sampai dengan program penyediaan kebutuhan prasarana dasar bagi masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini pula Kapolres mengatakan bahwa saat ini dalam tahapan Kampanye Capres dan Pemilu 2019, Polres Tanggamus mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga iklim perpolitikan yang aman, damai dan sejuk di Wilayah Hukum Polres Tanggamus.

“Saya menghimbau agar semua bijak dalam berinteraksi melalui media sosial dan bertabayun dalam menanggapi issue yang berkembang di tengah masyarakat, jangan mudah terprovokasi dan mari saring setiap informasi dan berita sebelum kita share kepada orang lain,” ungkapnya.

Kapolres juga berpesan kepada masyarakat untuk tertib belalu lintas, aparatur pemerintahan agar menjadi contoh dan ketauladanan yang baik. Ia juga mengingatkan agar masyarakat untuk menjauhi Narkoba, kepada orang tua agar berperan dalam memberikan edukasi yang baik kepada anak-anaknya agar tidak melanggar hukum.

“Mari bergandengan tangan untuk memajukan Tanggamus yang aman dan kondusif,” ucapnya.

Terkait Hari Gizi Nasional Indonesia yang jatuh setiap tanggal 28 Februari. Ini merupakan agenda penting bagi pemerintah dalam rangka untuk mensosialisasikan program Perbaikan Gizi Nasional yang tentunya bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Gizi demi kelangsungan hidup yang sehat dan berkualitas.

“Hari Gizi bukan hanya sebuah seremonial belaka, namun harus menjadi momen untuk meneropong kenyataan masalah malnutrisi di lapangan dan melakukan strategi penyelesaian yang terpadu dan menyeluruh di semua area,” kata AKBP Hesmu Baroto. ■ Heri Apri