Info Pendidikan News – Tanggamus-
Ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri dan Mandrasah Itidayah di Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus mengikuti lomba
Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Festival Lomba Literasi Siswa Nasional (FL2N) Tingkat Kecamatan pugung tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Sekolah dan para siswa/i Sekolah Dasar (SD) ini diselenggarakan di Kompleks SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Tangkit Serdang Kecamatan Pugung, sabtu 23/02/2019.Hadir dalam kegiatan tersebut selain Kepala Sekolah, Polsek Setempat, Kepala pekon, Guru pendamping, Pengawas Sekolah dihadari juga oleh sekretaris Kecamatan Pugung Karlan.S.Kom dan Kordinator SPSL, Drs Rohman M.Pd.I, beserta orang tua yang ikut mendampingi putra-putrinya dalam kegiatan ini. Adapun jumlah sekolah yang mengikuti lomba FLS2N dan FL2N kali ini, sebanyak 46 sekolah terdiri dari 39 SD Negeri dan 7 Sekolah Mandrasah Itidayah (MI) se Kecamatan Pugung.

Dengan mengusung tema ” Seni membentuk kesepakatan rasa terhadap lingkungan digital dan lobal” para siswa/i mengikuti beberapa jenis lomba FL2SN dan FL2N yang di pertandingkan di tingkat Kecamatan Pugung ini antara lain : lomba menyanyi, seni kreasi , pantomim, gambar bercerita, baca puisi dan lomba mendongeng. Dan seluruh siswa yang mendapat juara dalam lomba ini berhak mendapat hadiah dan trophy yang sudah disiapkan oleh panitia FLS2N dan FL2N tingkat Kecamatan Pugung.

Tujuan diadakannya lomba ini untuk berkarya dan menampilkan karya kreatif dan karya inovatif para siswa/i, mengembangkan ekspresi diri sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter siswa sesuai dengan budaya bangsa.
Meningkatkan kreativitas dan motivasi siswa untuk dapat mengekspresikan diri sesuai dengan minat, bakat dan kemapuannya. Menanamkan dan membina
apresiasi seni dan sastra tentunya sesuai dengan budaya bangsa dan menumbuh kembangkan sikap sportifitas dengan kompetitif siswa sejak dini.

Sementara Ketua panitia, Hari Purnomo, M.Pd. menjelaskan nantinya juara dalam lomba FLS2N dan FL2N tingkat Kecamatan Pugung ini, akan mengikuti lomba FLS2N dan FL2N di Tingkat Kabupaten Tanggamus yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten pada waktu dekat. Heri Purnomo juga mengatakan bahwa nantinya para siswa yang juara akan mendapat pengalaman di tingkat yang lebih tinggi maupun sekolah dalam lomba FLS2N dan FL2N tingkat Kabupaten serta dapat mempererat persahabatan antar siswa dan membina persatuan bangsa sesama Sekolah Dasar untuk memperkokoh budaya bangsa,” terangnya.

Mudah-mudahan siswa-siswi yang juara dalam lomba tingkat Kecamatan Pugung ini dapat berprestasi di tingkat Kabupaten nanti, bahkan ketingkat Provinsi, “harapnya. Hari Purnomo, M.Pd. juga tidak lupa mengucapakan terimakasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran dalam terselenggara FLS2N dan FL2N tingkat Kecamatan Pugung ini dan kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik, tanpa kerja sama yang baik dari seluruh panitia, sekolah maupun peserta lomba,” pungkasnya. ■ Heri Apri