Info Pendidikan News -Kota Bekasi-
Tidak ada warisan yang lebih baik dan yang lebih mulia yang akan kita berikan kepada bangsa ini kecuali generasi yang siap memajukan, mengambangkan dan membangun bangsa, dan ini ada pada diri peserta yang mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD dan SMP tingkat Kota Bekasi tahun 2019. Pesan ini lah yang disampaikan oleh Hj. Yeni Hartati, S.Pd, M.Si Kasie SMP saat membuka lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD dan SMP tingkat Kota Bekasi yang dilaksanakan sabtu (16 maret 2019) di Kompleks SD Negeri Perwira IV Kecamatan Bekasi Utara.Hj. Yeni Hartati, S.Pd, M.Si juga mengatakan bahwa ada tiga kreteria dasar yang mau kita bangun dalam mempersiapkan generasi tersebut, Pertama adalah Generasi yang sadar dan paham betul bahwa dirinya adalah mahluk ciptaan dari Tuhan yang maha kuasa dengan begitu tidak ada alasan sesama ciptaan Tuhan, saling menghina ataupun menjatuhkan orang lain justru kesadaran sebagai sesama mahluk ciptaan Tuhan itulah yang harus masuk dalam pengembangan prinsip-prinsip dan kaidah yang ada di antara kita.Hj. Yeni Hartati, S.Pd, M.Si

Kedua adalah Generasi yang memiliki tradisi budaya ke ilmuan yang memadai, tanpa trasdisi budaya ke ilmuan, hampir mustahil negara ini bisa maju, karena modal yang paling besar mengantarkan negara ini adalah tradisi budaya dan ilmu, disinilah pentingnya OSN kita lakukan bukan hanya di dengar tetapi harus di laksanakan dari tahun-ketahun. Dari tradisi budaya keilmuan itulah yang menumbuhkan kreativitas dan inovasi, melalui hal itu akan mengantarkan semangat ataupun daya saing yang tinggi dari anak-anak bangsa kita.

Dan Ketiga adalah Generasi yang cinta dan bangga terhadap tanah air, cinta saja tidak cukup tetapi kita harus bangun kebanggaan karena unsur kecintaan itu adalah rasa memiliki, tanpa budaya yang kuat serta adanya budaya juang yang memadai kita tidak akan masuk dalam OSN ini, ” paparnya.

Hj. Yeni Hartati, S.Pd, M.Si juga menambahkan bahwa OSN telah melalui seleksi di tingkat sekolah untuk siswa SMP, Kecamatan bagi siswa-siswi SD dan sekarang tingkat Kota Bekasi dan dari hasil OSN tingkat Kota ini lah nanti akan dikirim ketingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional, ” ungkap Yeni.
Perlu kami sampaikan kepada anak-anak sekalian dan yang kami banggakan, bahwa Kota Bekasi itu setiap tahun selalu mendapat juara OSN ditingkat Nasional, selamat berlomba dan berprestasi, “tutup Yeni, sekaligus membuka lomba OSN, yang disambut tepuk tangan dari anak-anak peserta lomba.

Lomba Olimpiade Sain Nasional (OSN) SD dan SMP tingkat Kota Bekasi tahun 2019 dengan mengusung tema, ” Mengembangkan Kemampuan 4 “K” Kritis, Kreatif, Kolaboratif dan Komunikatif siswa Melalui Sains” yang diikuti sebanyak 72 peserta SD dan 300 peserta dari tingkat SMP se Kota Bekasi. Sementara untuk mata pelajaran yang dilombakan bagi siswa SMP ada tiga bidang study dan untuk  SD dua bidang study dengan rincian jumlah peserta IPA SD sebanyak 36 peserta, Matematika 36 peserta, dan untuk IPA SMP 100 peserta, IPS sebanyak 100 dan Matematika 100 peserta.Dr. Dewi Rosita, M. M.Pd,

Ditempat yang sama Kepala Seksi (Kasie) SD Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Dr. Dewi Rosita, M. M.Pd, Mengatakan bahwa lomba OSN tingkat Kota Bekasi ini adalah kesempatan emas bagi para siswa untuk menunjukkan kemampuan, ketelitian serta keahlian untuk meraih Prestasi.

Untuk itu, para peserta lomba diharapkan mampu bersaing secara sehat, disiplin dan menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas bagi seluruh peserta. Mudah-mudahan tahun ini Kota Bekasi kembali mampu meraih prestasi sampai ke tingkat Nasional nanti, ” ungkapnya. Dewi juga menjelaskan bahwa hasil dari lomba OSN SD dan SMP tingkat Kota Bekasi ini akan dikirim langsung ke Provinsi Jawa Barat dan hasilnya dua minggu kemudian baru akan di umumkan,” tambahnya.

Hadir dalam lomba Olimpiade Sain Nasional (OSN) SD dan SMP tingkat Kota Bekasi ini, selain peserta lomba di hadiri juga oleh Kepala Sekolah mewakili Kecamatan masing-masing, Pengawas SD dan SMP, Pejabat Dinas Pendidikan beserta orang tua siswa yang ikut mendampingi putra-putrinya. Seluruh rangkaian lomba OSN tingkat Kota Bekasi tahun 2019 ini berjalan dengan lancar dan  tentunya keberhasilan dari seluruh panitia OSN.■ JOS