Info Pendidikan News- Kota Bekasi-
Pemerintah Kota Bekasi mengumumkan dan menyerahkan  piagam penghargaan Kepada sekolah-sekolah pemenang Adiwiyata di halaman Kantor Pemerintahan Kota Bekasi Senin 24/03/2019. Penghargaan tersebut di berikan berdasarkan Keputusan Wali Kota Bekasi Nomor: 660.1/Kep.486.A Dinas LH/XII/2018 terkait kebersihan lingkungan sekolah. Kepala Sekolah Adiwiyata menerima piagam penghargaan dari Pemkot Bekasi

Penyerahan piagam penghargaan bagi sekolah pemenang Adiwiyata ini di berikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Dr.Tri Adhianto didampingi Sekretaris Daerah (SEKDA) Kota Bekasi, Reny Hendrawati, Asisten Daerah (ASDA) II Kota Bekasi, Kariman, Staf Ahli Wali Kota Bidang Keuangan dan SDM, Dwie Andyarini, Staf Wali Kota Bidang Hukum, Ferry L dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi H.M Ali Fauzie M.Pd, yang diterima oleh para Kepala Sekolah pemenang sekolah Adiwiyata.

Sebanyak 12 sekolah penerima penghargaan tersebut adalah sekolah-sekolah yang dinilai mememiliki lingkungan sekolah yang paling bersih dan juga memiliki nilai lebih terkait lingkungan dari tim penilai Adiwiyata Kota Bekasi. Adapun Sekolah yang dinyatakan sebagai pemenang lomba sekolah Adiwiyata adalah sebagai berikut : untuk SD di berikan kepada SD Negeri Kota Baru IX Bekasi Barat, SD Negeri Jati Murni III Pondok Gede, SDS Sakinah dan SD Negeri Pedurenan IV Mustika Jaya.

Di tingkat SMP di berikan kepada SMP Negeri 5 Bekasi Utara, SMP Negeri 11 Bekasi Timur, SMP Negeri 15 Jati Sempurna dan SMP Negeri 1 Bekasi Timur. Sementara untuk SMA di berikan kepada SMA Islam Al Fajar dan SMK di berikan Kepada SMK Negeri 4, SMK Negeri 10, dan SMK Negeri 15 Kota Bekasi.

” Atas nama Pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Bekasi, kami ucapkan terimakasih kepada seluruh sekolah penerima penghargaan ini, berkat upaya dan konsistensi sekolah untuk melestarikan lingkungannya, semoga menjadi hal yang positif juga penyemangat dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain,” Ungkap Wakil Wali Kota Bekasi saat memberikan penghargaan.

Tri Adhianto, juga mengatakan Kegiatan pembinaan dan pendidikan dilingkungan sekolah adalah merupakan sarana untuk mengedukasi ataupun mendidik para siswa-siswi disekolah untuk terus menanamkan rasa kesadaran, kecintaan dalam menjaga kebersihan serta terus melestarikan lingkungannya di sekolah masing-masing,” ungkapnya.

Sebagai informasi ADIWIYATA adalah program terhadap sekolah yang mewujudkan sekolah berwawasan dan peduli lingkungan. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakannya kegiatan-kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan.

Pengembangan kebijakan sekolah tersebut antara lain: Visi dan misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup, Kebijakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (tenaga kependidikan dan non-kependidikan) di bidang pendidikan lingkungan hidup,

Kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya alam, Kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, dan Kebijakan sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup. ■ JOS