Info Pendidikan News- Kota Bekasi-
Dalam mengembangkan Potensi siswa banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru disekolah, salah satunya lewat kreasi seni tari siswa. Seperti yang dilakukan oleh guru-guru di SD Negeri Kali Abang Tengah VIII Kota Bekasi ini, dimana untuk meningkatkan dan menggali potensi seni para siswa-siswinya dilakukan lewat Seni tari sehingga potensi-potensi yang ada pada diri siswa bisa tersalurkan.

SD Negeri Kali Abang Tengah VIII Kota Bekasi yang di pimpin, A. Basyuni, S.Pd. M.Si, Seni tari merupakan salah satu Ekstrakulikuler (ekskul) yang diminati banyak siswa disekolah ini. Seni tari mereka ajarkan kepada siswa kelas IV hingga  kelas VI. Soal prestasi siswa di bidang seni tari, sekolah ini telah banyak meraih prestasi dalam berbagai kesempatan lomba, antar sekolah, maupun lomba FLS2N ditingkat Kecamatan hingga tingkat Kota.

Ratu Nandi M.Pd salah satu guru kelas VI di sekolah ini mengatakan Seni tari yang mereka ajarkan kepada siswanya tersebut, juga untuk mengenalkan tentang seni dan budaya Indonesia. Dimana, dalam setiap tari yang dilakukan siswa pastinya mengenakan pakaian batik dan pakaian daerah, itu juga akan memperkaya pengetahuan para siswa tentang budaya daerah, “ungkapnya.

“Jadi selain mengenalkan budaya, manfaat lainnya adalah untuk menjaga budaya Indonesia dari derasnya budaya asing dan nantinya anak-anak yang memiliki jiwa seni, kelak bisa menjadi agen pelestarian seni budaya Indonesia dan akan memiliki rasa bangga terhadap budaya kita khususnya dalam seni tari,” tuturnya.

Ratu Nandi M.Pd juga menambahkan bahwa menanamkan nilai kreatif siswa pada peserta didik melalui seni tari merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter budaya. Ratu Nandi juga mengakui banyak tari dari berbagai daerah yang di ajarkan kepada siswa disekolahnya.

“Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi dari kelas VI, mereka menampilkan seni tari dari berbagai daerah seperti, Tari Badinding, Tari Ondel-Ondel, Tari Yapong, Tari Yamko Rame yamko, Tari Cindai, Tari Kreasi Nusantara, Tari Indang, Tari Sajojo, Tari Tor-Tor, Tari Maumere, Tari Medley Nusantara, hal ini juga untuk mendapat nilai SBK langsung dengan praktek.

” Mereka akan mendapat nilai SBK dari guru saat siswa-siswi menampilkan seni tari,” jelas Ratu Nandi.

Peserta didik akan lebih bersemangat belajar apabila suatu bahan yang diajarkan tentang kreasi seni siswa sesuai dengan kebutuhan. Sumber belajar dapat berupa segala macam media yang dapat membantu serta memperkaya dan memperjelas pemahaman peserta didik terhadap seni budaya bangsa dan juga agar dapat membantu siswa memperkaya pengalaman dibidang seni budaya. ■ JOS