Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Hari Kartini yang selalu diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 21 April adalah untuk mengenang tentang nilai-nilai kepahlawanan Raden Ayu Kartini, tokoh kaum wanita yang berjuang menuntut persamaan derajat (kesetaraan gender) dengan kaum pria, beliau juga sebagai tokoh pahlawan nasional.

Dalam memperingati hari lahirnya R.A.Kartini siswa-siswi SDN Kranji IV Bekasi Barat menggelar lomba busana daerah, dan lomba baca puisi. Kegiatan ini diikuti seluruh guru dan stap sekolah, dari siswa kelas 1 sampai kelas IV, dengan berpakaian busana adat dari berbagai daerah sabtu 20/04/2019.“Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa dari R.A. Kartini yang memperjuangkan persamaan derajat (kesetaraan gender) emansipasi wanita dengan kaum pria, dengan tidak menyalahi kodratnya sebagai wanita, dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan, ”kata kepala sekolah SDN Kranji IV Bekasi Barat, Triono. M.Pd.

Selain itu, Triono juga mengatakan bahwa perjuangan Kartini tersebut adalah untuk mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam semua bidang pekerjaan dan bidang pendidikan, “jelasnya.“Berharap dengan memperingati hari Kartini siswa-siswi di SDN Kranji IV Bekasi Barat bisa mengerti sejarah Kartini, dan dapat mencontoh perjuangan Kartini dengan semangat untuk belajar. Hal ini juga sebagai moment untuk memperkuat dan memperluas pemberdayaan perempuan Indonesia, maupun dunia secara luas” pungkas Triono peraih juara 1 Kepala Sekolah berprestasi dari Kecamatan Bekasi Barat tahun 2019 ini.   ■JOS