Info Pendidikan News- Kota Bekasi-
Kepala Tata Usaha SMA Negeri 1 Kota Bekasi, Cendra siswandi S.A.P meraih juara pertama dalam lomba Kepala Tata Usaha berprestasi tahun 2019 yang dilaksanakan pada 30 April 2019 di SMAN 2 Kota Bekasi. Cendra memberikan Arahan bagi rekan-rekan TU Saat Acara Pembinaan Pegawai

Lomba Kepala Tata Usaha berprestasi yang di ikuti oleh seluruh KTU SMAN Kota dan Kabupaten Bekasi wilayah III Kantor Cabang Daerah (KCD)  Jawa Barat tersebut adalah program dari Kementerian Pendidikan Menengah dan Tinggi (Kemendikti) yang dilaksanakan seluruh daerah di Indonesia.Cendra Siswandi S.A.P di Ruang Kerjanya

Cendra siswandi S.A.P Kepala Tata Usaha (KTU) dari SMAN 1 Kota Bekasi ini akan mewakili Wilayah III Kota/Kabupaten Bekasi dalam lomba Kepala Tata Usaha berprestasi tinggkat Provinsi Jawa Barat nanti. Cendra Siswandi S.A.P terpilih menjadi Kepala Tata Usaha atau Kepala Urusan Tata Usaha (Kaur TU) terbaik dari wilyah III Kota/Kabupaten Bekasi ini adalah berkat kerja keras dan kedisplinannya menjalankan Administrasi sekolah ditempatnya bekerja dan Cendra paham akan tugas pokok dan fungsinya sebagai Kepala Tata Usaha yang telah diatur dalam Permendikbud No 25 Tahun 2018.Di temui di ruang kerjanya Kamis 02/05/2019 Cendra Siswandi S.A.P mengatakan bahwa tugas utama dari seorang Kepala tata usaha sekolah adalah untuk melaksanakan tugas administrasi sekolah. Segala kegiatan yang berhubungan dengan surat menyurat, catat mencatat, ketik mengetik dan segala urusan administrasi dilakukan oleh pegawai tata usaha sekolah, “ungkap Cendra.

“Tata usaha sekolah adalah bagian dari unit pelaksana teknis penyelengara sistem administrasi dan informasi pendidikan sekolah dan fungsi Ka TU sebagai perencana, pembinaan staf, administrasi kepegawaian, melaksanakan prosedur dan mekanisme kepegawaian merencanakan kebutuhan pegawai dan melaksanakan administrasi keuangan sekolah meliputi keuangan rutin dan dana komite sekolah atau bantuan masyarakat,” jelas Cendra.

Cendra juga menambahkan bahwa tugas dari seorang Kepala Tata Usaha di sekolah sangatlah berat karena yang menyangkut administrasi sekolah itu sangat banyak, dia mencontohkan seorang Kepala Tata Usaha harus mampu mengerjakan administrasi sekolah seperti, administrasi sarana dan prasarana, mencatat dan menginventarisir sarana sekolah, menyimpan dokumen kepemilikan guru dan siswa, membuat daftar inventaris ruang kelas belum lagi Administrasi kehumasan, membantu kegiatan komite sekolah, menjalin kerja sama dengan pemerintah dan lembaga masyarakat sebagai stakeholder dan mempromosikan sekolah dan lain-lain, “paparnya.

Cendra Siswandi S.A.P yang dikenal ramah dan mudah tersenyum ini sebelumnya pernah menjadi Kepala Tata Usaha di SMAN 8 Kota Bekasi dan menjadi Kepala Tata Usaha di SMAN 1 sejak bulan April tahun 2016 sampai saat ini. Di kalangan para Kepala Tata Usaha sekolah di Kota Bekasi Cendra termasuk orang yang berteman baik dengan para KTU di SMP, SMA maupun SMK. Cendra di sukai karena ramah dan gampang bergaul kepada siapapun termasuk bawahannya di tempatnya bekerja.

Cendra Siswandi dahulunya sebelum menjadi Kepala Tata Usaha sekolah adalah pegawai di Sekretariat DPRD Kota Bekasi berkat pengalaman kerja di sekwan tersebut pola pikir, kedisplinan dan kerja keras terbawa hingga saat ini. Dia juga orang seni, pintar memainkan berbagai jenis musik dan sudah beberapa kali tampil di TV beberapa artis pun berteman dengan Cendra sampai saat ini.

Cendra mungkin akan menjadi contoh bagi rekan-rekannya sesama Kepala Tata Usaha sekolah maupun pegawai TU sekolah karena prestasinya menjadi juara pertama dalam lomba KTU berprestasi tingkat Kota/Kabupaten Bekasi mudah-mudahan nantinya berhasil kembali meraih yang terbaik di tingkat Provinsi Jawa Barat hingga ketingkat Nasional.■ JOS