Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Acara pelepasan 59 siswa kelas VI SD Negeri Bintara Jaya III Bekasi Barat berlangsung meriah, kegiatan perpisahan yang di isi dengan pentas seni (pensi) tersebut dilaksanakan di Kompleks sekolah, Rabu (19/06/2019).Hadir dalam kegiatan tersebut Pengawas SD dari UPP Bekasi Barat, Komite Sekolah, Kepala Sekolah dari gugus Bintara Jaya yang di undang datang dalam acara ini, beserta seluruh orang tua siswa dari kelas 1 hingga kelas VI.Acara pelepasan siswa tersebut sebelumnya didahului dengan sungkeman, upacara adat parahyangan dengan piringan gamelan yang dipandu oleh mamang lengser cilik.Upacara sungkeman adalah permohonon maaf dan ijin pamit serta mohon doa dari adat sunda dimana salah satu siswa mewakili teman-temannya mengucapkan terima kasih dan meminta doa dari para guru, karena guru telah mendidik mereka selama 6 tahun begitu juga sebaliknya, salah seorang perwakilan guru mengucapkan selamat dan memberikan doa kepada para siswa yang telah lulus.Puncak acara pelepasan ditandai dengan pengalungan medali oleh Kepala sekolah SDN Bintara Jaya III Bekasi Barat, Lilis Kurnialis Ajiatingsih S.Pd, guru, Komite sekolah beserta Pengawas, kepada 59 siswa  kelas VI yang telah lulus pada tahun ajaran 2018/2019.Usai menerima medali tanda kelulusan, para siswa kelas VI kemudian mempersembahkan berbagai kreativitas seni, berupa puisi, tari-tarian dan lagu. Lagu yang dinyanyikan oleh para siswa kelas VI tersebut adalah lagu untuk guru seperti lagu terima kasihku, surat cinta untuk guru, tanah air ku tidak kulupakan, Indonesia tanah air Beta, sayonara dan lain-lain.Kepala sekolah, Lilis Kurnialis S.Pd 

Pelepasan dan Pentas Seni yang bertemakan “Melalui Pentas Seni Kita Tingkatkan Kreativitas Peserta Didik Yang Berkarakter” di ikuti oleh seluruh siswa kelas 1 hingga kelas V. Keikutsertaan siswa dari kelas 1 hingga kelas V tersebut membuat acara Perpisahan dan pentas seni ini semakin meriah, dimana siswa kelas 1 hingga kelas V mempersembahakan berbagai karya seni dan kreativitas mereka.

Kepala Sekolah SD Negeri Bintara Jaya III Bekasi Barat, Lilis Kurnialis Ajiatingsih S.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru, stap, Komite dan orang tua siswa yang telah berhasil  membimbing dan mendidik para siswa hingga mereka lulus. Lilis, menghimbau kepada seluruh orang tua siswa untuk terus mendukung anak-anaknya dengan doa, tenaga dan segala upaya agar kelak dapat mencapai cita-cita dimasa yang akan datang.

“Hari ini 59 siswa telah lulus dari SDN Bintara Jaya III Bekasi Barat dan akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi SMP/MTs. Semoga ke depan mereka bisa menjadi generasi yang berguna bagi bangsa, bagi keluarga dan dirinya sendiri, dari merekalah suatu saat nanti akan muncul sebagai pemimpin seperti, gubernur, bupati, polisi, tentara  dan lain-lain,” ungkap Lilis

“Anak-anak merupakan aset  bangsa dan juga keluarga, oleh karenanya anak-anak harus diberikan pendidikan yang baik untuk menjamin masa depan mereka,” tambahnya.Kepala Sekolah, guru-guru beserta stap

Lilis juga tidak lupa menyampaikan terima kasihnya kepada orang tua yang telah mempercayakan anak-anak mereka untuk dididik dan dibina di sekolah yang dipimpinnya. Dengan ilmu yang telah didapat oleh siswa dari guru-guru SDN Bintara Jaya III Bekasi Barat saya yakin anak-anak ini tidak akan mengecewakan ketika menempuh pendidikan kejenjang yang lebih tinggi,” jelasnya.

“Keunggulan di sekolah ini terletak pada nilai-nilai yang guru-guru ajarkan. Tidak hanya ilmu pengetahuan tetapi juga nilai spiritual, kedisplinan, tata krama, dan lain-lain sehingga mereka dapat terbentuk menjadi pribadi yang baik,” jelasnya lagi.

Namun demikian, Lilis menjelaskan bahwa pendidikan tidak sepenuhnya sebagai tanggung jawab dari guru, melainkan tanggung jawab kita bersama, sehingga perlu ada partisipasi aktif dari orang tua, guru di sekolah dan masyarakat dalam mempersiapkan anak- anak ini menjadi generasi yang unggul,” papar Lilis.

Sebelumnya Ketua Komite SD Negeri Bintara Jaya III, M.Jahi, mengapresiasi hasil kerja keras para guru-guru, stap dan Kepala Sekolah SDN Bintara Jaya III Bekasi Barat yang telah berhasil mendidik, membina dan mengarahkan sehingga 59 siswa berhasil lulus dan melanjutkan ketingkat SMP.

M.Jahi mantan Lurah Bintara Jaya ini juga mengapresiasi sejumlah prestasi siswa yang ditorehkan oleh sekolah baik akademik maupun non akademik. Hal tersebut menurut M.Jali adalah menandakan bahwa ada kemajuan prestasi di SD Negeri Bintara Jaya III semenjak di pimpin oleh Kepala Sekolah, Lilis Kurnialis Ajiatingsih S.Pd.

M.Jahi juga mengajak para orang tua siswa serta semua stakeholder untuk bahu membahu mendukung SD Negeri Bintara Jaya III untuk menjadi sekolah yang berkualitas dan berprestasi di Kota Bekasi, selamat untuk siswa yang lulus,” ungkap M.Jahi.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Pengawas sekolah dari UPP Bekasi Barat, Dalim M.Pd, mengapresiasi usaha dan kerja keras para guru, stap dan Kepala sekolah, dimana selama 6 tahun para guru dengan sabar mendidik para siswa agar kelak menjadi generasi yang cerdas, generasi penerus bangsa yang dapat membanggakan keluarga, dirinya dan sekolahnya.

Dalim, juga berpesan kepada seluruh siswa agar nantinya ketika masuk di jenjang yang lebih tinggi di tingkat SMP para siswa dapat berprestasi dan juga  menjaga nama baik sekolah,” ungkap Dalim. ■ JOS