SMK Negeri 9 Kota Bekasi Siap Laksanakan Pendidikan SMK 4 Tahun

0
3068

Bekasi, Info Pendidikan                                   Sebagai salah satu sekolah unggulan di Kota Bekasi, SMK Negeri 9 Kota Bekasi terus berinovasi, salah satunya dengan membuka jurusan baru Sistem Informatika Jaringan dan Informasi (SIJA).

Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Kota Bekasi, Herlina, mengatakan dibukanya jurusan baru (SIJA) di sekolahnya tersebut tidak lain karena dilatarbelakangi oleh kompetensi keahlian baru di program keahlian teknik komputer dan informatika.

“Pembukaan jurusan ini ditandai dengan terbitnya surat keputusan Direktorial Jenderal Dasar dan Menengah tentang spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan No. 4678/D/KEP/2016,” katanya, Senin (24/6).

Herlina menjelaskan bahwa jurusan SIJA tersebut nantinya akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dengan rincian 3,5 tahun proses KBM dan sisanya 6 bulan prakerin.

“Mereka nantinya akan menempuh pendidikan selama 3,5 tahun dan 6 bulan prakerin, jadi program pendidikan yang dijalankan selama 4 tahun lamanya,” tuturnya.

Untuk jumlah rombongan belajarnya, jurusan SIJA SMKN 9 Kota Bekasi baru membuka satu rombongan belajar (Rombel) dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa.

“Kebetulan baru satu rombel yang dibuka dan pendaftarnya hingga 200 lebih calon siswa kemarin,” terangnya.

Untuk jurusan SIJA sendiri, nantinya para siswa akan mempelajari sistem komputer, komputer dan jaringan dasar, pemorgraman dasar, dasar desain grafis, dasar program keahlian, infrastruktur kompurasi awan (IaaS), platform komputasi awan (PaaS), layanan komputasi awan (SaaS), sistem internet of things (SloT) dan produk kreatif dan kewirausahaan.

“Ada beberapa konsentrasi keahlian yang akan dipelajari oleh para siswa di jurusan SIJA ini dan hal ini sebagai kompetensi keahlian mereka,” tukasnya.■ RIS