Siswa SMKN 6 Kota Bekasi Raih Juara Nasional Lomba CITOUCH

0
1938

Bekasi, Info Pendidikan
Siswa SMK Negeri 6 Kota Bekasi, kembali mengharumkan nama sekolah dan Kota Bekasi di tingkat Nasional pada ajang perlombaan CITOUCH melalui ESAI dengan menghadirkan bangunan tahan gempa yang dihelat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kepala Prodi Design Pemodelan dan Informasi Bangunan, Parlin, menuturkan bahwa kedua siswinya belum lama ini berhasil meraih juara harapan satu tingkat nasional pada ajang perlombaan CITOUCH yang mempresentasikan karyanya secara ESAI.

“Siswi kami mempresentasikan karyanya secara ESAI dalam ajang tersebut dan berhasil merebut juara harapan satu tingkat nasional kemarin,” jelas Parli tersenyum, Jumat (2/8).

Sambung Parlin, dengan menghadirkan konsep Rumah Pintar RISHA anti gempa pada lomba tersebut, hal ini menjadi salah satu solusi peningkatan infrastruktur di Indonesia.

Selain itu, Rumaj Pintar RISHA ini juga ramah lingkungan serta mampu mengurangi jumlah korban jiwa saat terjadi gempa melalui konstruksi yang digunakannya.

“Dan yang pasti gagasan ini juga mengurangi penggunaan lahan, mengurangi biaya serta membantu meningkatkan infrastruktur,” ulasnya.

Parlin juga menjelaskan bahwa konsep Rumah Pintar RISHA yang diajukan siswinya dan mampu memperoleh juara di tingkat nasional, juga sebagai salah satu upaya agar konsep atau model serta gagasan yang dihadirkan bisa bersaing di era revolusi industri 4.0, karena bukan hanya pembangunannya saja yang cepat, mudah dan murah tapi rumah ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih, yaitu camera video doorbell.

“Konsep ini diharapkan mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 karena bahan yang dipergunakannya terjangkau dan diaplikasikan pula dengan teknologi canggih,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 6 Kota
Bekasi, Dyah Sulistuaningsih, saat dikonfirmasi mengaku cukup bangga dengan torehan prestasi yang diraih anak didiknya tersebut.

Menurut dia, hal ini membuktikan bahwa mutu dan kualitas pendidikan di SMKN 6 Kota Bekasi mampu menghasilkan bibit-bibit unggul di bidangnya masing-masing.

“Tentu sangat bangga dengan keberhasilan tersebut, dan hal ini membuktikan bahwa SMKN 6 Kota Bekasi siap menghasilkan SDM-SDM yang berkualitas di bidangnya,” pungkas Dyah. ■ RIS