Info Pendidikan News- Kota Bekasi-
SMK Negeri 6 Kota Bekasi, komitmen mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolahnya. Dengan menggandeng produsen air mineral dalam kemasan Aqua, SMKN 6 Kota Bekasi berharap bisa membantu mengurangi beban sampah plastik saat ini.

Kepala Sekolah SMKN 6 Kota Bekasi, Dyah Sulistianingsih, mengatakan komitmen pengurangan sampah plastik dengan menggandeng produsen air minum Aqua, merupakan bentuk nyata keseriusan sekolah di dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai di lingkungan sekolah.

“Kami berupaya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, karena plastik tersebut tergolong lama terurai,” katanya, Jumat (2/8).

Kerjasama yang dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dimana pihak Aqua nantiya menyediakan air minum dengan harga terjangkau bagi siswa di kelas melalui koperasi sekolah, hal ini bisa menjadi langkah awal dan proses pembelajaran bagi siswa untuk mengurangi penggunaan plastik tersebut.

“Nantinya pihak Aqua akan mendistribusikan air minum ke kelas-kelas melalui koperasi sekolah dengan harga yang cukup bersahabat, dan hal ini juga langkah awal dari pengurangan penggunaan plastiknya,” ungkapnya.

Sambung Dyah, dengan penyediaan air minum dalam bentuk galon di dalam kelas, nantinya para siswa cukup membayar Rp1.000 untuk bisa mengkonsumsi air minum sepuasnya.

“Sehingga nantinya para siswa SMKN 6 Kota Bekasi bisa menikmati air minumnya sepuas mungkin tanpa harus menggunakan plastik sekali pakai karena mereka bisa membawa penggantinya berupa tumbler,” tegasnya.

Ia berharap dengan komitmen pengurangan plastik sekali pakai yang dilakukan oleh SMKN 6 Kota Bekasi, hal ini bisa menjadi upaya sekolah di dalam mengkampanyekan penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan, baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal mereka.

“Sekolah juga mengkampanyekan penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan dan diharapkan hal ini bisa berjalan dengan baik dan mampu mengurangi sampah plastiknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Humas SMKN 6 Kota Bekasi, Wawan, menekankan bahwa kerjasama yang dilakukan antara pihak sekolah dan Aqua menjadi salah satu proses pembelajaran bagi siswa dalam hal penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan.

“Hal ini diharapkan bisa menjadi salah satu sarana edukasi bagi para siswa SMKN 6 Kota Bekasi di sekolah,” pungkasnya.■ RIS