Ketua MGMP PJOK 2019/2022 Kembali Dijabat Usman, MPd

0
2825

Bekasi, Info Pendidikan                                Bertempat di Princess Resort Ciloto Puncak Bogor, pada tanggal 3, dan 4 Agustus 2019 digelar Pemilihan Ketua MGMP Penjaskes (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) untuk periode 2019 – 2022.

Acara ini mengusung tema, “Melalui Raker MGMP PJOK Kota Bekasi Marilah Kita Tingkatkan Kinerja dan Ubah Paradigma Penjas”, dan diikuti sebanyak 125 peserta dari seluruh Guru Penjaskes SMA/MA/SMK  se-Kota Bekasi. Kemudian dilanjutkan dengan rapat kerja dan workshop.

Dalam acara pemilihan tersebut setiap peserta harus bersaing dari guru-guru Penjas lainnya dari SMA/MA se-Kota Bekasi, diantaranya dari SMAN 1, SMAN 8, dan SMA Al-Azhar.

Usman, M.Pd Saat Menyampaikan Visi, Misi Sebagai Ketua MGMP PJOK SMA/MA Periode 2019/2022

Usman, MPd, Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) SMAN 14 Kota Bekasi kembali terpilih untuk kedua kalinya sebagai Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (MGMP PJOK) SMA/MA Kota Bekasi periode tahun 2019-2022.

Fungsi guru pendidikan jasmani adalah membantu dan mengembangkan kemampuan siswa secara utuh di dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani.

Seorang guru mempunyai tanggung
jawab yang kompleks terhadap pembelajaran di sekolah dan guru pendidikan jasmani tugasnya tidak hanya menyampaikan materi yang bersifat fisik dan motorik saja, melainkan semua ranah harus tersampaikan pada siswanya melalui pembelajaran dan pendidikan yang utuh.

Jadi tidak hanya aspek fisik yang diberikan oleh guru penjas melainkan semua ranah harus tersampaikan, diantaranya yaitu ranah afektif, kognitif dan psikomotorik.

Belajar yang berhasil mesti melalui berbagai macam aktivitas, baik aktivitas fisik maupun psikis. Profesi guru pendidikan jasmani secara umum sama dengan guru mata pelajaran yang lain pada umumnya, namun secara khusus ada letak perbedaan yang prinsip dan ini merupakan ciri khas tersendiri. Kebutuhan guru pendidikan jasmani yang profesional sangat tinggi, dalam rangka menanggapi tantangan era industri 4.0.

Acara Raker dan Workshop yang diawali pemilihan itu awalnya terdapat 4 kandidat. Namun, secara aklamasi kemudian terpilih Usman. Adapun Visi-Misi yang diusung Usman adalah Menjadikan Guru PJOK yang profesional dan bermartabat serta unggul dalam bidang teknologi.■JOS/GP