Info Pendidikan News- Kota Bekasi-
SMAN 9 Kota Bekasi memperingati hari raya Idul Adha 1440 H dengan memotong hewan qurban sebagai salah satu media pendidikan dengan tujuan agar para siswa dapat memahami makna berqurban, serta arti dari infak dan sodakoh terhadap sesama.

Upacara saat memperingati Idul Adha

Proses Pemotongan Hewan Qurban

Kegiatan diawali dengan upacara apel pagi senin (12/08) lalu dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban oleh panitia dilingkungan sekolah. Para siswa dapat melihat langsung proses pemotongan hewan qurban tersebut untuk di jadikan sebagai bahan pembelajaran.

Guru-guru beserta panitia saat upacara

Sementara untuk pembagian daging hewan qurban tersebut di terima oleh para siswa yang kurang mampu atau siswa yang membutuhkan sebanyak 85 orang. Siswa penerima daging qurban terlebih dahulu di data secara selektif oleh panitia agar hewan qurban yang akan dibagikan benar-benar tepat sasaran.

Plt. Kepala Sekolah SMAN 9 Kota Bekasi Risti Setiyarti, mengatakan dalam rangka meningkatkan budaya saling berbagi terhadap sesama dan meningkatkan kegiatan sosial serta menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama salah satunya melalui hari raya Idul Adha ini.

Meskipun hanya 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang di sembelih pada hari raya idul adha kali ini, namun  sangat di rasakan manfaatnya oleh mereka yang membutuhkannya. Walupun hanya seekor sapi dan 2 ekor kambing plus 1 ekor kambing sumbangan dari Dra. Hj. Henny Helianny, jadi total ada 3 ekor kambing namun kami bisa berbagi dalam momentum ldul adha ini serta mampu menerapkan makna berqurban kepada siswa agar memahami akan pentingnya saling berbagi,”ungkapnya.

Rusti Setiyarti, juga menambahkan bahwa kesadaran berqurban dikalangan para siswa, orang tua, guru serta karyawan di SMAN 9 Kota Bekasi sudah baik, hal ini terlihat dari ketulusan dan keihklasan para siswa untuk memberikan sumbangan tenaga maupun dana untuk membeli hewan qurban.

Kesadaran berkurban ini adalah buah dari iman dan takwa, untuk itu SMAN 9 Kota Bekasi akan terus mengusung program pendidikan yang mendorong peningkatan iman dan takwa disamping peningkatan akademis,”jelasnya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah bidang kehumasan, Wati yang juga salah satu panitia dalam kegiatan ini mengatakan bahwa ibadah Qurban dapat melatih dan memberikan edukasi kepada anak-anak untuk belajar berqurban dan berbagi kepada sesama.■ JOS