Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) pramuka ke-58 SDN Kota Baru IV Bekasi Barat menggelar apel Pramuka dihalaman sekolah Rabu (14/08/2019) dengan tujuan untuk membentuk karakter para siswa agar lebih displin dan berperilaku sebagaimana pedoman pramuka dalam Dasa Dharma.

Guru-guru SDN Kota Baru IV saat mengikuti Apel Pramuka

Setelah apel pramuka para siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 beserta para guru SDN Kota Baru IV menggelar berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kepramukaan diantaranya, drum band pramuka, peraturan baris berbaris (PBB), yelyel, hasta karya, tarik tambang, lomba estafet gelàng karet dan lain-lain.

Kepala Sekolah Hj. Erah Suhaerah, saat memimpin upacara Apel Pramuka ke-58

Kepala Sekolah SDN Kota Baru IV Bekasi Barat, Hj. Erah Suhaerah, menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat karena dari pramuka akan lahir generasi muda yang akan memiliki karakter dan iman yang baik, disiplin, berbudi luhur, berakhlak mulia sebagaimana pedoman pramuka dalam Dasa Dharma,”ungkap Hj. Erah.

Salah satu kegiatan siswa SD Kota Baru IV

Hj. Erah juga menambahkan pramuka mengajarkan banyak nilai, mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, hingga kemandirian.
Kegiatan pramuka merupakan sebuah kegiatan edukasi di SDN Kota Baru IV Bekasi Barat dalam mengembangkan ketangkasan, perilaku dan pembentukan karakter siswa sejak dini,” pungkasnya.

Suasana saat Upacara

“Banyak nilai dan manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan pramuka ini, mudah-mudahan dapat menghadirkan perubahan dalam diri setiap siswa hingga menambah semangat untuk terus belajar,” tutupnya.

Dalam kurikulum 2013 pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) wajib bagi peserta didik di Sekolah Dasar dan Menengah sebagaimana diatur dalam undang-undang No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 63 Tahun 2014 ■ JOS