Info Pendidikan News- Jakarta-
Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menggelar Job Matching Senin (19/8/2019) di lantai 5 Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan. Gelaran Job Matching tersebut disambut antusias oleh para lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang masih mencari pekerjaan.

Kepala Dinas DKI Jakarta, Ratiyono

Putra Alrasyid salah seorang lulusan SMK Negeri 32 Jakarta Selatan Jurusan Perhotelan, mengatakan pelaksanaan Job Matching ini menjembatani pencari kerja yang merupakan lulusan SMK dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

“Ini membuka peluang yang sangat besar bagi kami lulusan SMK. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,” katanya, Senin (19/8).

Putra menambahkan, dirinya membawa sekitar 12 surat lamaran kerja dengan harapan dapat diterima di perusahaan sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa lebih sering lagi diadakan. Sebab, banyak fresh graduate tiap tahunnya yang juga membutuhkan pekerjaan,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Fitri Meliani, lulusan SMK Negeri 48 Jurusan Pemasaran. Menurutnya, Job Matching menjadi bentuk perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada pelajar dan lulusan SMK.

“Kami ingin semakin mudah diterima bekerja. Kalau diadakan rutin, banyak kesempatan dan peluang kerja bagi lulusan SMK,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ratiyono mengatakan, Job Matching ini bukan sekadar bursa kerja, tapi mendekatkan dunia usaha atau industri dengan SMK agar bisa saling bermitra.

“Kami akan ada evaluasi secara berkesinambungan. Tujuannya, agar dunia usaha atau industri dengan SMK di Jakarta semakin selaras,” ucapnya.

Ditambahkan Ratiyono, Job Matching tahun ini menyediakan sebanyak 5.000 lowongan kerja, angka ini meningkat dibandingkan tahun 2018 dengan jumlah 4.000 lowongan.

“Job Matching ini tujuannya untuk meningkatkan daya serap tamatan SMK memasuki lapangan kerja. Ditargetkan yang terserap mencapai setidaknya 80 persen,” tambahnya.

Job Matching merupakan kegiatan Expose Implementasi Revitalisasi SMK yang diselenggarakan pada 19-20 Agustus 2019 yang di ikuti sebanyak 70 perusahaan.■(PS/Spdn)