Info Pendidikan News-Jakarta-
Ribuan siswa SD Negeri dan Swasta, dari 38 sekolah, ikut mengkampanyekan Gemarikan atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, Selasa (27/8), bertempat di Lapangan Dirgantara III Kompleks Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

 Siswa Saat Mengikuti Gemarikan

Kegiatan Gemarikan hari ini adalah kegiatan ke-11 dengan lokasi di Lapangan Dirgantara III, dan Kecamatan Makasar menjadi kecamatan ketujuh sejak dilaksanakan pertama kali di Pulogadung, Jakarta Timur.

Kamal Alatas, Camat Makasar, turut hadir mengikuti acara. Selain itu juga tampak hadir, Perwakilan dari Lanud, Lurah se Kecamatan Makasar, Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur, Yuli Absari, Kepala Seksi Perikanan Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), Supriyadi Shaleh, Satlak KPKP, Kasatlak Pendidikan, Wagiyo, serta 38 sekolah yang mengirimkan siswanya di acara tersebut.

Kamal Alatas dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan ini peserta diedukasi pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini. Salah satu caranya dengan mendongeng.

“Selain agar anak gemar memakan ikan, kegiatan ini juga bertujuan membentuk sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan tangguh,” kata Kamal.

Sedangkan Supriyadi Shaleh mengutarakan bahwa peserta yang hadir adalah perwakilan dari 38 sekolah dasar negeri dan swasta di lingkup Kecamatan Makasar.

“Selain ada dongeng, para peserta juga disuguhi hiburan dongeng serta masing-masing diberi goodie bag berisi bakso, siomay, nugget, ebi katsu dan ebi furai,” tambah Supriyadi.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Pendidikan Kecamatan Makasar, Wagiyo, kepada Info Pendidikan mengatakan, kegiatan Gemarikan ini sangat bagus dan dengan digalakkannya sosialisasi Gemarikan, harapannya akan tercipta generasi yang kuat dan berkualitas.

“Saya sangat mendukung acara seperti ini. Sangat bagus. Semoga selepas acara ini, dalam diri anak-anak itu, tumbuh keinginan yang besar untuk mengkonsumsi ikan. Dan dengan itu, diharapkan tercipta generasi yang kuat dan berkualitas,” harap Wagiyo.■SARI/PS