Oleh: Endang Katmiwati, M.Eng, Ph.D (Penasehat Info Pendidikan News)

Institut STIAMI Kota Bekasi baru saja selesai mengadakan program AVICOL ke Singapura dan Malaysia yang bekerja sama dengan Universitas Putra Malaysia Kuala Lumpur dan Kolej Universiti Islam Internasional Antar Bangsa Selangor Malaysia.

Institut STIAMI adalah institut ilmu sosial dan manajemen yang terkenal di Jakarta dan Bekasi. Salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masih berakreditasi B, namun telah mendapat akreditasi A untuk prodi administrasi Publik dan administrasi Bisnis, dengan reputasi sangat baik. Institut STIAMI saat ini sudah memiliki cabang di wilayah Jakarta, Depok dan Bekasi dan telah meluluskan ribuan alumni.

Foto Bersama di Halaman Kampus Universitas Putra Malaysia

Untuk menambah soft skills para dosen STIAMI Bekasi mengadakan Academic Visit and Collaboration (AVICOL) dengan universitas-universitas yang ada di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. AVICOL ini juga mengunjungi perusahaan-perusahan yang ada di negara tersebut untuk diajak kerja sama dalam bidang pendidikan maupun praktek kerja (job training) bagi para mahasiswa Institut STIAMI Jakarta khususnya Institut STIAMI Bekasi.

Program AVICOL ini dilaksanakan dari tanggal 28 sampai dengan 31 Agustus  2019 yang diikuti 20 peserta seperti dekan, Kepala Kampus dan para dosen dari berbagai disiplin ilmu.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Manajemen, Dr. Euis Komalawati, MSi dan Kepala Kampus Bekasi  Institut STIAMI, Diana Prihadini, SSos, MSi  bersama ‘Minister Counsellor’ KBRI, Agus Badrul Jamal

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Manajemen, Dr. Euis Komalawati, MSi dan Kepala Kampus Bekasi Institut STIAMI, Diana Prihadini, SSos, MSi turut setia mendampingi di seluruh acara kunjungan ke Kuala Lumpur dan Singapura.

Tujuan (purpose) dari Academic Visit and Collaboration atau AVICOL ini untuk menjalin kerja sama dalam pendidikan atau knowledge exchange dalam bentuk seminar dengan tema yang beragam yang tentunya akan menambah pengetahuan dan pengalaman yang positif untuk para dosen itu sendiri.

Khusus untuk short seminar di Singapura, Institut STIAMI bekerja sama dengan perusahaan logistik YCH Company, dimana alumnus mahasiswa STIAMI ada yang bekerja di perusahaan YCH Indonesia.

YCH merupakan perusahaan logistik terbesar di Singapura dan kedepan YCH terbuka untuk menjalin relasi dalam bentuk pengembangan kurikulum dan kesempatan magang untuk anak perusahaan mereka yang berlokasi di Indonesia

Kolaborasi dengan UPM dan visitasi ke perguruan KoleJ Universiti Islam Antar Bangsa Selangor bertujuan untuk menjalin kerja sama dalam bidang training dan program pendidikan lainnya.

Dengan program AVICOL ini diharapkan dapat memberikan bekal ilmu pengetahuan bagi dosen yang kemudian nantinya akan diimplementasikan di lingkungan Institut STIAMI Bekasi. Nantinya pengetahuan yang didapatkan para dosen STIAMI disana bisa diimplementasikan di kampus.

Endang Katmiwati, M.Eng, Ph.D

Program AVICOL kedepannya akan menjadi agenda rutin Institut STIAMI, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan para dosen, di bidang masing-masing, dan hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab dosen STIAMI kepada para mahasiswanya sehingga para dosen dapat menambah pengetahuan dan pengalamannya.

Bagi para dosen yang mengikuti program AVICOL pasti memiliki kesan yang mungkin beragam. Tempat-tempat yang dikunjungi aspiratif dan made us feeling comfortable untuk kedua negara, Singapura dan Malaysia.

AVICOL berencana akan mengembangkan jumlah kolega ke negara-negara Asia lainnya seperti China, dan Korea serta negara-negara Eropa untuk menggali ilmu yang bermanfaat baik bagi para dosennya maupun untuk perguruan tinggi khususnya Institut STIAMI Jakarta-Bekasi.
Let’s expand the knowledge as educator to build a big country through the campus.

Dalam acara bebas di Singapura kami mengunjungi Sentosa Island, Universal Studio dan Merlion. Ketika di Kuala Lumpur peserta diajak mampir ke tempat yang cukup etnik yaitu Sri Batu Cave dan juga ke Twin Tower Petronas.

Selain itu ada mesjid dengan nama Masjid Al-Falah yang terletak di kawasan elite Orchard Road yang dilingkupi oleh gedung-gedung mewah dan shopping centre. Mesjid yang besar dan berdiri kokoh dipinggir jalan yang cukup ramai itu memberi kesan nyaman kepada para muslim dan muslimah yang berkunjung ke Singapura, khususnya yang ingin berbelanja di pusat jajanan di kawasan Orchard Road.

Event Organizer dalam pelaksanaan program tersebut adalah NSI EO, Jakarta yang telah men set-up dan menata seluruh program dengan baik dan memuaskan untuk para member AVICOL, dipimpin langsung oleh komisioner yang merangkap sebagai pemandu tur (tour leader),  H. Alvy Pongoh, yang humoris dan fasih dalam bahasa Inggris dan memiliki pengalaman yang cukup luas.

Saya sebagai dosen Institut STIAMI mensupport penuh program AVICOL atau program-program lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas para dosen dalam mengajar dan dapat berpartisipasi mengangkat Institut STIAMI lebih baik dan lebih inovatif lagi.