Info Pendidikan News- Jakarta-
Di saat kondisi udara Jakarta yang sedang memburuk, kehadiran taman sangat dibutuhkan untuk mengurangi kadar polusi udara Jakarta. Hal inilah yang membuat warga di Rusun Jati Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat secara bersama-sama membangun taman seluas 75 meter persegi. Warga menamainya Taman Kolaborasi Rusun Jati Rawasari

Suasana Saat Mengerjakan Taman

“Berawal dari keterbatasan lahan di rusun, saya memberikan gagasan kepada teman-teman untuk membuat taman. Alhamdulillah mereka menyambut b

aik inisiatif ini,” kata Sarjoko, Kepala Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Jati Rawasari di lokasi, Jumat pekan lalu.

Sarjoko mengatakan, Taman Kolaborasi ini dibuat untuk menciptakan lingkungan rusun menjadi lebih asri, hijau, bersih dan rapi. Selain itu juga sebagai upaya untuk menurunkan kadar polusi udara di Ibukota.

Pengerjaan taman ini dilakukan sekitar 2,5 bulan. Di taman ini ada sejumlah tanaman hias seperti tanaman adam hawa, gandarusa merah, lili paris, ginseng varigata dan lain-lain.

“Ini betul-betul hasil karya kolaborasi dari seluruh komponen di rusun ini. Warga pun berpartisipasi membuat lukisan mural,” tuturnya.

Ia berharap, ke depan, semua pihak, termasuk warga penghuni rusun saling bekerja sama merawat Taman Kolaborasi ini secara bersama-sama.

“Perawatannya ini saya harapkan betul-betul menjadi tanggung jawab bersama. Kuncinya adalah kolaborasi,” tandasnya.
Saripudin/PS