Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Ratusan siswa anggota pramuka penggalang dari seluruh SD Negeri dan SD Swasta, ikut serta dalam kegiatan lomba Tinggkat II Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran), Kecamatan Bekasi Barat, di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

Suasana Saat Pembukaan Kegiatan

Tak hanya siswa dan pelatih pramuka, Ketua dan pengurus Kwarran Pramuka Bekasi Barat ikut hadir dalam kegiatan lomba Tingkat II tersebut yang digelar selama 3 hari dari tanggal 13 sampai 15 September 2019 dengan motto,” Mandiri, Bersahabat dan Berprestasi”.

Rusi Marhaeni Ketua Panitia kegiatan yang juga menjabat sebagai Kepala SDN Bintara VIII Bekasi Barat mengatakan Lomba Tigkat II Kwarran Pramuka Bekasi Barat dilaksanakan selama tiga hari di Bumi Perkemahan Cibubur dan diisi dengan berbagai perlombaan.

“Ada Lomba Tata Kemah, Sandi Morse Semapore, lomba Pionering, Hasta Karya, PUPK, PPGD, Yel-yel, Peta Lapangan, Menaksir, Panorama, KIM, Kompas dan Lomba Pentas Budaya,” tambahnya.

“Selama pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar, namun yang terpenting adanya kegiatan lomba Tingkat II tahun 2019 ini, membuat anak-anak bersemangat, bersaing secara sportif, mendapat pengalaman dan rasa kebersamaan tetap terjaga,”ujarnya.

Rusi juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut bukan hanya sekedar berlomba dan berkemah, namun juga sebagai ajang silaturahmi dan pembentukan karakter setiap peserta untuk lebih mandiri membentuk jiwa sosial bagi diri siswa dan pengembangan prestasi baik akademik maupun non akademik.

“Pramuka menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai toleransi, dan nilai-nilai kebersamaan. Untuk acara lomba kali ini, kita memberikan apresiasi, dan bagi mereka yang berprestasi mendapatkan penghargaan atas jerih payah dan capaian mereka, dan penghargaan ini juga untuk memicu motivasi siswa agar aktif dalam kepramukaan,” pungkasnya.â–  JOS