Info Pendidikan News-Jakarta-
Sebanyak 3163 Kartu Identitas Anak (KIA) dibagikan langsung oleh Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar di halaman SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/9).

Kepala Sekolah Pisangan Timur 01 pagi Sucipto M.Pd

“Kartu KIA yang saya bagikan ini fungsinya sama dengan KTP, ” ujar Muhammad Anwar dalam sambutannya.

Anwar menjelaskan bahwa pemberian KIA ini sebagai tindak lanjut dari Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pencetakan Kartu Identitas Anak. KIA yang dibagikan dibagi menjadi dua kategori, anak usia nol sampai lima tahun tidak disertai dengan foto, dan anak usia lima sampai 17 tahun KIA-nya disertai dengan foto.

Sementara Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur, Sukma Wijaya, menambahkan, sebanyak 3163 siswa yang mendapatkan kartu itu berasal dari 18 sekolah, mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK yang ada di Kecamatan Pulogadung.

Sukma Wijaya mengimbau kepada warga yang anaknya belum mendapatkan KIA untuk segera mengajukan permohonan dengan membawa persyaratan berupa foto kopi KTP orang tua, foto kopi KK, surat nikah, dan foto kopi akta lahir anak. Kemudian KIA bisa dicetak di kantor kelurahan, kecamatan maupun Sudin Dukcapil.

“Pembagian KIA ini totalnya sudah mencapai 5.122 lembar,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala SDN Pisangan Timur 01 Pagi (Baluel) Jakarta Timur, Sucipto, mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi pembagian Kartu Identitas Anak di wilayah Kecamatan Pulogadung.

Sucipto, yang juga Ketua Kordinator Kepala Sekolah Kecamatan Pulogadung, disela-sela acara pembagian kartu KIA, berkata, “KIA ini sangat baik untuk anak didik sebagai identitasnya sebagai pelajar. Kartu ini berlaku mulai dari SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi.” ■ SARIPUDIN/PS