Info Pendidikan News- Kota Bekasi –
Mengambil tempat di lapangan SMAN 8 Bekasi, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, prosesi pembukaan acara 8 CUP SMAN 8 Bekasi dilaksanakan, Selasa (1/10).

Kepala KCD wilayah III, Casmadi (tengah) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi, A. Zarkasih (kanan), Kabid Pemuda Kota Bekasi Ujang Teddy saat pembukaan

Acara 8 CUP adalah program tahunan SMAN 8 Bekasi di bidang olahraga dan seni, yang kini sudah diakui sebagai salah satu even olahraga dan seni tingkat Provinsi Jawa Barat dan Se-Jabodetabek.

Kepala KCD, Casmadi, memukul gong tanda even 8 CUP resmi di buka

Untuk even 8 CUP kali ini diperlombakan beberapa cabang Olahraga Prestasi diantaranya; Basket untuk SMP dan SMA/sederajat, Futsal untuk SMP dan SMA/sederajat, Volley untuk SMP dan SMA/sederajat dan Pencak Silat. Sedangkan untuk seni diperlombakan Ratoeh Jahroeh / Saman untuk SMP dan SMA/sederajat, dan Modern Dance untuk SMP dan SMA/sederajat.

Dan yang menarik, kompetisi Mobile Legend tingkat SMP dan SMA/sederajat juga digelar. Menurut panitia, Kompetisi MLBB (Mobile Legend Bang Bang—red) dibuat untuk kalangan komunitas. Mengingat MLBB saat ini adalah game online yang sedang booming. Jadi, para gamers se-Jabodetabek dan Jawa Barat diundang untuk berlomba di 8 CUP.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 8 Bekasi, Sugeng

8 CUP ini juga diadakan dalam rangka mengawal Visi SMAN 8 Bekasi, Unggul Dalam Prestasi Berwawasan Lingkungan dan Bernuansa Iman dan Taqwa, perlu dilaksanakan serangkaian kegiatan dalam upaya peningkatan kualitas kognitif, efektif dan psikomotor terhadap aspek EQ, SQ dan IQ. Sehingga kedepannya SMAN 8 Bekasi menjadi sekolah yang terdepan dan terunggul dalam segala bidang baik akademis maupun non akademis.

Kepala Sekolah SMAN 8 Bekasi, Dedy Suriyadi saat memberikan sambutan

Di lingkungan sekolah, pelajar adalah individu yang sarat dengan daya imajinasi, kreasi dan semangat. Maka siswa perlu dibina dalam ajang kreatifitas sebagai salah satu solusi yang bermanfaat. Maka diharapkan acara 8 CUP dapat menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antar pelajar sehingga tercipta persaudaraan dan nasionalisme diantara anak bangsa.

Sebagai salah satu ajang untuk menyalurkan kreatifitas dan kemampuan bidang olahraga dan seni, 8 CUP juga diberi nama 8 Words yaitu explore the sea and you will get the hidden treasure, yang bertujuan untuk mewujudkan visi, misi sekolah, menjalin persahabatan antar pelajar yang menjunjung tinggi sportivitas dan kreativitas, dan memberikan wadah kegiatan positif kepada pelajar.

Dari panitia didapat informasi bahwa kegiatan 8 CUP tahun ini akan dilaksanakan dari 1 Oktober s/d 13 Oktober 2019, bertempat di SMAN 8 Bekasi dan GOR Basket Kota Bekasi. Dimana pesertanya adalah siswa SLTP dan SLTA se-Jabodetabek dan Jabar serta mahasiswa, memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Bekasi dan Gubernur Jawa Barat.

Udin Sumarsah, Wakil Bidang Olahraga Prestasi SMAN 8 Bekasi didampingi Usman Alatas mengatakan bahwa tujuan 8 CUP ini untuk mencari bibit-bibit unggul dibidang olah raga dan seni. Khusus untuk kota Bekasi, nantinya, para bibit dari kota Bekasi akan dipersatukan dalam satu tim olahraga mewakili kota Bekasi dalam even-even olahraga tingkat provinsi maupun nasional.

Tampak hadir dalam pembukaan acara, Kepala KCD (Kantor Cabang Dinas) Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Barat, Casmadi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi, A. Zarkasih, Kepala SMAN 8 Bekasi, Dedi Suryadi, beberapa pejabat Kota Bekasi dan Provinsi Jawa Barat. Dan Casmadi, didaulat untuk membuka secara resmi acara 8 CUP 2019.■ (GP-IP2)