Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Sebagai upaya untuk memelihara budaya gotong-royong di lingkungan, pemilik usaha Singkong Thailand alias Sintha yang berada di Jalan Pintu Air, Rt04, Rw01, Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, gaungkan kebersihan lingkungan melalui kegiatan gotong-royong.

Pemilik usaha Sintha, Say Monang Gideon, saat ditemui di lokasi, menuturkan bahwa kegiatan bersih-bersih lingkungan ini dimaksudkan untuk memelihara dan merawat lingkungan serta menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

“Intinya, kami ingin menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) melalui kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan tempat tinggalnya,” jelas Monang.

Dengan melibatkan seluruh warga, mulai dari orang tua hingga remaja serta melibatkan aparatur Kelurahan Margamulya, hal ini juga sebagai sarana edukasi kepada warga untuk bisa memilih dan memilah sampah sisa hasil industri rumah tangganya.

“Selain bergotong-royong membersihkan lingkunga, kami juga melakukan imbauan langsung kepada warga untuk bisa memilih dan memilah sampah yang mereka hasilkan,” paparnya lebih lanjut.

Dengan menggaungkan kembali semangat gotong-royong, Monang, berharap hal ini bisa terus dipertahankan serta mampu menjadi bagian dari kehidupan warga di lingkungannya, terutama di dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

“Kami ingin budaya gotong-royong sebagai budaya asli Indonesia bisa terus dilestarikan, terutama di dalam menjaga kebersihan lingkungan,” harap Monang.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga mengimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah disembarang tempat atau menjadikan lahan kosong baik yang dipinggir-pinggir jalan maupun lahan kosong sebagai lokasi pembuangan sampah sementara, selain mengganggu pemandangan, bau yang ditimbulkannya pun bisa mengganggu kesehatan warga yang melintas.

“Pada kesempatan ini, kami juga mengimbau kepada seluruh warga Kota Bekasi agar tidak membuang sampah disembarang tempat atau menjadikan bahu jalan serta lahan kosong sebagai lokasi pembuangan sampah sementara,” imbaunya.

Terpisah, Lurah Margamulya, Yudistira, usai menghadiri kegiatan bersih-bersih lingkungan, mengatakan pihaknya sangat mendukung upaya atau kegiatan yang dilakukan warganya dalam upaya menggiatkan kebersihan lingkungan melalui progran yang positif terutama melibatkan seluruh unsur warga yang ada di lingkungan.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh warga di Jalan Pintu Air, Rt04, Rw01 serta pemilik usaha Singkong Thailand (Sintha), hal ini menjadi bukti nyata sinergitas antara warga maupun pemangku jabatan di wilayah dan Pemerintah Kota Bekasi di dalam menghadirkan suasana yang lebih kondusif khususnya di dalam kebersihan lingkungan.

“Kegiatan yang memang sangat positif sebagai langkah antisipasi merebaknya sampah liar serta menjadi salah satu penanggulangan dan pencegahan penyakit saat musim kemarau saat ini,” pungkasnya.■ RIS