SMPN 41 Kota Bekasi Bentuk Karakter Siswa Lewat Kegiatan Pesat

0
3341

Bekasi, Info Pendidikan
Ratusan siswa SMPN 41 Kota Bekasi mengikuti kegiatan PESAT untuk penguatan mental dan pembentukan karakter kedisiplinan selama 2 hari di camp pelatihan Kostrad Sangga Buana Karawang, tanggal (17-18 Oktober 2019).

Suasana siswa saat pelatihan

Kegiatan PESAT ini di ikuti seluruh siswa kelas VII dan selama kegiatan berlangsung para siswa didampingi oleh Kepala Sekolah beserta guru-guru dari SMPN 41 Kota Bekasi. Sementara untuk pelatih dalam kegiatan ini adalah anggota Kostrad Sangga Buana Karawang, adapun materi yang disampaikan adalah, pelatihan baris-berbaris, permainan edukatif, api unggun, kreasi seni, materi beladiri, yelyel, senam pagi, pendidikan motivasi dan lain-lain.

Suasana Siswa saat Makan Siang

Munajam, Kepala SMPN 41 Kota Bekasi mengatakan, bahwa kegiatan PESAT tersebut tidak sekedar hanya kegiatan pramuka ataupun sekedar berkemah, namun lebih dari itu, Ia menjelaskan dalam kegiatan PESAT tersebut para siswa dilatih dan didik dengan cara ala militer, memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan serta ketrampilan para siswa,”ungkapnya.

Orang tua siswa sangat mendukung Kegiatan tersebut

“Untuk pembekalan pengetahuan dan ketrampilan bagi para siswa, SMPN 41 Kota Bekasi melalui kegiatan PESAT adalah sebagai langkah awal dalam mencetak generasi yang handal, memiliki kepribadian yang baik, displin serta berjiwa Pancasila,”tuturnya.

Lanjut Munajam, Ini adalah kegiatan siswa untuk kedua kalinya di camp pelatihan Kostrad Sangga Buana Karawang, tahun lalu kita juga buat kegiatan yang sama. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena akan lahir generasi muda yang akan memiliki karakter dan iman yang baik, disiplin, berbudi luhur serta berakhlak mulia,”jelasnya.

Suasana Kegiatan Siswa pada malam hari

“Banyak nilai dan manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan tersebut, siswa mendapat pelatihan fisik, mental dan lain-lain, mudah-mudahan dapat menghadirkan perubahan dalam diri setiap siswa hingga menambah semangat untuk terus belajar,” tambahnya.

Suasana keakraban terlihat dari wajah siswa maupun orang tua dalam kegiatan

Selama pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar, namun yang terpenting dengan adanya kegiatan PESAT tahun 2019 ini, membuat anak-anak menjadi displin, mendapat pengalaman dan menumbuhkan rasa kebersamaan antar siswa,”pungkasnya.■ JOS