Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Pramuka Kwartir Cabang Kota Bekasi tahun 2019 ini menggelar lomba kemah Regu berprestasi (LOKER) untuk siswa anggota pramuka penggalang dari SD/MI dan SMP/MTs se-Kota Bekasi yang di gelar selama tiga hari di Bumi Perkemahan Patriot Jatisari Bekasi 25-27 Oktober 2019.

LOKER adalah singkatan dari lomba regu berprestasi yang merupakan wahana membina diri khusus dalam upaya meningkatkan kwalitas anggota pramuka di Kota Bekasi. Kegiatan ini di kemas dalam bentuk latihan kemandirian di alam terbuka yang memiliki daya saing antar sesama regu peserta dengan sasaran pembinaan generasi muda yang tangguh dan berkarakter.

Suasana pembukaan lomba kemah regu loker berprestasi tingkat Kota Bekasi

Lomba Kemah regu berprestasi ini bertujuan untuk membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi anggota penggalang untuk bisa merasakan lomba berkemah. Perlu untuk di ketahui bersama bahwa kegiatan berkemah yang bentuk lomba hanya LT (Lomba Tingkat) ditingkat kwartir cabang hanya dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dan pesertanya 1 regu putra dan 1 regu putri dari tiap-tiap kwartir ranting yang menjadi regu berprestasi tinggi di lomba tingkat 2 (LT2).

Pembukaan lomba dihadiri para pengurus pramuka kwartir cabang Kota Bekasi

Dengan kata lain rentang waktu penyelenggaraan kegiatan seperti itu sangat lama dan sangat membatasi jumlah peserta, sehingga mengakibatkan hilangnya kesempatan banyak anggota penggalang, oleh karena itu perlu ada penambahan penyelenggaraan kegiatan setara lomba tingkat untuk memberi kesempatan lebih banyak kepada peserta didik yang jumlahnya sangat banyak di Kota Bekasi.

Pramuka SDN Bintara VIII Bekasi Barat

Lomba Kemah berprestasi tingkat Kota Bekasi ini mengusung Tema,” Memburu Prestasi Regu dibawah langit Biru” dengan Moto Gerakan Pramuka,” Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan,” serta Moto kegiatan,” Tangguh, Ramah, Ibadah“.

Berbagai lomba digelar dalam kegiatan ini seperti, Lomba Tapak Kemah, Sandi Morse Semapore, lomba Pionering, Lomba Mapping, Yel-yel, lomba masak, Halang rintang, KIM, Poster, MTQ, Pertolongan Pertama Gawat Darurat dan Lomba baris berbaris mengunakan Tongkat.

Bagi masing-masing regu yang keluar sebagai juara akan mendapatkan tunggul LOKER Prestasi 2019 dan masing-masing pemenang disetiap mata lomba akan mendapat wemple atau piala hal ini diberikan untuk memicu dan memotivasi para siswa agar aktif dalam kepramukaan.

Adalah suatu kebanggaan bagi anggota penggalang jika menjadi peserta Lomba LOKER Prestasi karena disinilah terkumpul regu-regu tangguh dari berbagai kwartir ranting se-Kota Bekasi.

Berikut hasil akhir raihan juara umum lomba Kemah Regu berprestasi Tingkat Kota Bekasi tahun 2019 di perkemahan Patriot Jatisari:
Regu Putra SD:
1.Kecamatan Bekasi Barat
2.Kecamatan Pondok Gede
3.Kecamatan Jatisampurna
Regu Putri SD:
1.Kecamatan Bekasi Barat
2.Kecamatan Bekasi Barat
3.Kecamatan Pondok Gede

Juara lomba Kemah Regu Prestasi SMP Tingkat Kota Bekasi :
Regu Putra:
1.Kecamatan Jatiasih
2.Kecamatan Medan Satria
3.Kecamatan Mustika Jaya
Regu Putri :
1. Kecamatan Bekasi Utara
2. Kecamatan Bekasi Timur
3. Kecamatan Jatiasih

Sebagai informasi dalam lomba kemah regu berprestasi ini Kwarran Bekasi Barat mendapat juara umum dan masih mendominasi lomba kreatifitas regu penggalang. Adapun peserta regu terbaik SD dan SMP dari Kwarran Bekasi Barat adalah, Regu teratai (putri) SDN Bintara VIII dan Regu sakura (putri) SDN Bintara XI.

Untuk Regu putra diraih oleh SDN Bintra XI dan regu putra SDN Jakasampurna III. Sementara untuk SMP dari kwarran Bekasi Barat juga meraih prestasi, dimana regu putri SMPN 14 dan regu putra dari SMPN 13 sama-sama meraih prestasi dalam lomba ini.■ JOS