Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Dalam rangka memeriahkan bulan bahasa sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMP Negeri 13 Kota Bekasi, yang terletak di Kota Baru, Bekasi Barat ini mengadakan lomba kreatifitas siswa di lapangan sekolah Senin (28/10).

Telah menjadi agenda tahunan di SMPN 13 Kota Bekasi, setiap bulan Oktober, dihari sumpah pemuda diadakan lomba kreatifitas siswa dengan tujuan untuk menanamkan kebanggaan berbangsa, bertanah air dan berbahasa Indonesia pada diri setiap siswa.

Salah satu bentuk penanaman rasa bangga berbangsa, adalah mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Dengan mengenakan pakaian adat khas Nusantara membuat suasana peringatan bulan bahasa dan hari sumpah pemuda ini semakin seru dan semarak.

Kepala SMPN 13 Kota Bekasi, Mariam, mengatakan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, sekolah mengisinya dengan berbagai kegiatan lomba seperti Asmaul Husna (karakter spiritual), lomba Paduan Suara, membawakan lagu wajib nasional, lomba puisi, lomba bercerita, story telling dan pidato.

“Lomba tersebut diadakan untuk mengasah mental para siswa sehingga potensi-potensi yang ada pada diri setiap siswa bisa tersalurkan. Serta dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap bahasa dan seni sebagai ekspresi budaya yang santun, bermartabat, dan peduli lingkungan,” tambahnya.

“Sebagai bulan pemuda kita isi dengan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang mengarah kepada menumbuh kembangkan jiwa nasionalis dan semangat NKRI,” ungkap Mariam.

Ditambahkannya, “Jiwa nasionalis yang dibangun salah satunya adalah tentang keberagaman budaya dan bahasa di Indonesia. Mencintai bahasa persatuan menjadi sangat penting untuk direnungkan dan dihayati bersama sebagai bentuk rasa memiliki,”jelasnya.

Harapannya dengan kegiatan ini bisa membentuk karakter anak-anak didik untuk mencintai budaya Indonesia. sementara diakhir kegiatan, siswa pemenang lomba mendapat hadiah yang diserahkan langsung oleh guru dan Kepala Sekolah.■ JOS