Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Mengusung tema “Membangun Ukhuwah Islamiyah Diatas Cahaya Al Quran“, Rohis Ikram, yang menjadi bagian dalam OSIS SMAN 9 Bekasi menggelar Kompetisi Pelajar Islami, Aktif Berani Cerdas, Sabtu (26/10).

Acara ini telah menjadi kegiatan tahunan SMAN 9 sebagai program kerja OSIS SMAN 9. Kompetisi yang dikemas dalam berbagai jenis lomba ini dipusatkan di lapangan sekolah. Dan menurut panitia acara, kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa, menyalurkan hobi dan bakat para remaja dalam bentuk kreasi seni Islami, mencari bakat-bakat Islami dalam diri para pelajar, meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan akhlakul karimah, serta turut menjaga dan mengembangkan potensi generasi muda yang berpegang teguh pada nilai-nilai agama.

Plt. Kepala SMAN 9 Kota Bekasi

Adapun yang diperlombakan adalah, Perlombaan MTQ, Hijab, LCTI, Kaligrafi, Marawis, MHQ, dan Perlombaan Da’i. Dimana kompetisi ini bersifat terbuka, dan lebih dari 20 sekolah turut berlomba.

Pembawa acara atau MC dari Rohis Ikram mengawali acara dengan sambutan membuka acara tepat pada pukul 7 pagi. Disusul pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dan saritilawah oleh dua orang siswa bernama Warieh Teguh Jiwo dan Zahrah Nurul Aulia. Dilanjutkan sambutan ketua panitia, Muhammad Bagas, dan sambutan dari pembina acara Surtini Aisyah, SPd.

Selepas sambutan-sambutan diatas, Plt. Kepala SMA Negeri 9, Hj. Rusti Setiyarti, SPd, MM, naik keatas panggung memberikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi acara Kompetisi Pelajar Islami ini.

Tampil elegan mengenakan pakaian muslim dipadu dengan hijab berwarna biru, Rusti Setiyarti mengatakan dalam sambutannya bahwa walaupun ini adalah kegiatan siswa atau OSIS melalui Rohis, namun dia atas nama sekolah sangat mendukung kegiatan ini. Karena dalam kegiatan ini selain menjadi ajang kompetisi dalam mencari bibit-bibit muda dibidang seni yang bernuansa Islami, juga sebagai bentuk dalam pendidikan karakter. Generasi muda harus dapat mengeksplore minat dan bakat namun tetap mengedepankan nilai-nilai agama.

“Sesuai tema acara Membangun Ukhuwah Islamiyah Diatas Cahaya Al Quran, saya berharap melalui acara ini akan terbentuk generasi muda yang Ulul Albab. Sehingga dapat terwujud generasi yang dalam rutinitas kehidupannya senantiasa ingat kepada Allah SWT,” ujar Rustini dalam sambutan singkatnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pendataan ulang peserta lomba oleh panitia, setelah itu baru masing-masing peserta menuju lokasi lomba sesuai arahan panitia.

Kegiatan-kegiatan kerohanian seperti ini sudah selayaknya mendapat perhatian khusus dari para pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Karena melalui kegiatan ini, nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa ditumbuhkembangkan secara dini kepada siswa sebagai modal dasar mereka dalam berbangsa dan bernegara.■(GP-IP2)