Info Pendidikan News- Kota Bekasi-
Sebagai upaya dalam melestarikan nilai-nilai luhur budaya Indonesia, siswa SMKN 6 Bekasi helat lomba batik di lingkungan sekolahnya.

Kepala Sekolah SMKN 6 Bekasi, Hj. Dyah Sulistianingsih, mengatakan lomba batik yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 10, 11 dan 12 di sekolahnya, dilakukan dalam rangka menggali potensi siswa dalam menampilkan keahlian membatik serta mewujudkan rasa cinta mereka terhadap warisan budaya bangsa, khususnya batik.

“Kami ingin siswa SMKN 6 Bekasi bisa lebih mencintai batik melalui lomba membatik di sekolah, sekaligus memperingati Sumpah Pemuda,” tutur Dyah.

Sambung Dyah, untuk tema membatiknya sendiri, para siswa diberikan kebebasan dalam menuangkan ide dan kreasi serta kreatifitasnya dalam membatik.

“Ide membatiknya kami bebaskan, yang penting tidak keluar dari ketentuan yang ada,” katanya.

Selain itu, batik yang akan dilombakan dan ditampilkan di sekolah, untuk proses pengerjaannya sendiri dilakukan oleh siswa di rumah dengan waktu pengerjaan selama satu minggu.

“Kami berikan waktu satu minggu untuk pengerjaan batiknya dan kebetulan batik yang dilombakan adalah batik celup,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 6 Bekasi, Indah, mengatakan melalui lomba membatik tersebut, para siswa bukan hanya mengetahui sejarah, motif hingga corak batik yang ada di Indonesia, melainkan mereka juga bisa melestarikan budaya bangsa yang juga sudah diakui oleh sebagai warisan dunia oleh UNESCO beberapa waktu yang lalu.

“Kami berharap para siswa SMKN 6 Bekasi bisa mencintai dan melestarikan batik yang sudah ditetapkan menjadi warisan dunia tersebut,” pungkasnya.■ RIS