Info Pendidikan News- Kota Bekasi-
Dalam rangka memperingati (HAI) Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 20 November, seluruh siswa SD dan SMP di Kota Bekasi Kamis (7/11) serentak menggelar belajar sehari di luar kelas. Kegiatan belajar satu hari di luar kelas ini dilaksanakan bukan saja di Kota Bekasi namun serentak di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, melalui surat himbauan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, B-1169/KPP-PA/D.IV.4/PA.02/10/2019, kepada seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk menggelar kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, menindaklanjuti surat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia tersebut diatas, kemudian mengeluarkan surat, 421/9491 -Disdik.Dikdas, menghimbau kepada seluruh sekolah di tingkat SD dan SMP baik Negeri ataupun Swasta agar menggelar Sehari Belajar di Luar Kelas.

Kegiatan OCDay di SDN Kranji VI

Kegiatan ini nantinya akan dilaporkan ke Ketua OCDay yang berkedudukan di London, Inggris, sebagai salah satu bentuk kegiatan terkait perlindungan anak.

Adapun rangkaian acara yang dilakukan sekolah mengikuti rangkaian acara yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk dilaksanakan sekolah-sekolah di Kota Bekasi adalah sambutan guru kepada para siswa 3 S, (Senyum, Salam dan Sapa), disusul menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya (3 Stanza). Kemudian anak-anak diajak cuci tangan sebelum makan, lalu berdoa bersama sebelum makan bersama.

Makanan yang dibawa siswa adalah sarapan sehat bersama yang disiapkan orang tua. Selanjutnya siswa diajak memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang membahayakan siswa. Lalu siswa diajak berkelilling dan dihimbau untuk mematikan lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka.

Selepas itu, acara dilanjutkan dengan membaca buku di luar kelas, terus disusul simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak. Lanjut ke acara senam germas dan permainan tradisional dimeriahkan dengan tepuk tangan dan yel-yel sekolah ramah anak.

Terakhir, pambacaan Deklarasi Sekolah Ramah Anak, ditutup dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.

Sebagai informasi “Vidio” pelaksanaan kegiatan Sehari belajar diluar kelas dapat di unggah/uplooad melalui aplikasi ” Pentas Anak” yang dapat diunduh melalui Playstore di Android mulai tanggal 5 November 2019.■ RED