Info Pendidikan News-Kota Bekasi-
Di satu sisi sekolah harus mampu menjadi yang terdepan dalam penguasaan teknologi dan digitalisasi, namun di sisi lain, sekolah juga harus menjadi institusi pembentukan karakter siswa. Dan SMPN 39 Kota Bekasi mampu membuktikan bahwa pendidikan karakter siswa tidak boleh terlupakan dan harus lebih  ditekankan sebagai marwah dari pendidikan itu sendiri.

Para siswa foto bersama guru-guru usai menjuarai LOKER tingkat Kota Bekasi

Dalam Lomba Kemah Beregu (LOKER) 2019 se-Kota Bekasi yang dilaksanakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bekasi di Bumi Perkemahan Patriot Jatisari, 25 – 27 Oktober lalu, SMPN 39 Kota Bekasi berhasil menjadi yang terbaik.

LOKER atau lomba kemah beregu berprestasi merupakan wahana pembinaan diri dalam upaya meningkatkan kualitas anggota pramuka di Kota Bekasi. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk latihan kemandirian di alam terbuka yang memiliki daya saing antar sesama regu peserta dengan sasaran pembinaan generasi muda yang tangguh dan berkarakter.

Prestasi yang diraih SMPN 39 dalam LOKER itu adalah, Juara 1 Mapping, Juara 2 LKBBT, Juara 3 MHQ dan Juara 3 SMS, sehingga akhirnya SMPN 39 didaulat sebagai Juara Umum 1 (Utama).

Indra Gunawan, Kepala SMPN 39 Kota Bekasi, kepada IP mengungkapkan rasa.bangganya atas prestasi yang telah diraih anak-anak didiknya itu.

“Suatu kebanggan tersendiri bagi SMP Negeri 39 Kota Bekasi telah menunjukan prestasi terbaiknya. kembali dengan menjadi Juara Utama Regu Putra dalam giat lomba kemah regu brprestasi tahun 2019 Tingkat kwarcab Kota Bekasi,” ungkap Indra.

Sambung Indra, bahwa kegigihan seorang pelatih dan anggota Pramuka sangat penting dalam peraihan prestasi di sekolah. Dia memaparkan, dalam beberapa hari sebelum pelaksanaan LOKER, 8 putra terbaik dari Regu Inti Pramuka Pangkalan SMP Negeri 39 sudah dilatih dengan giat. Mereka dipandu latih oleh Ka’  Is dan Ka’ Bayu. Mereka mengikuti komando setiap pembelajaran yang disampaikan. Terus melakukan simulasi sampai mereka semua paham dengan materi yang akan menjadi penilaian dalam lomba kemah regu berprestasi nantinya, seperti mendirikan tenda, memasak makanan, pionering, maket, yelling, dan materi Pramuka lainnya.

Mereka menunjukkan jiwa patriotisme penuh dengan kemandirian, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Kekompakan dan kebersamaan mereka menjadi satu nilai penting bagi mereka.

“Menjelang pelaksanaan lomba, ketika hari libur yang seharusnya mereka bisa berkumpul dengan keluarga, mereka gunakan untuk berlatih. Dalam tekad mereka yang kuat, sesuai dengan motto Paskhas 39, “Bergerak atau Tergantikan” menjadi kalimat motivasi yang luar biasa, sehingga mereka selalu ingin memberikan yang terbaik untuk Pramuka Pangkalan SMP Negeri 39 Kota Bekasi.”  jelas Indra bersemangat mewakili semangat para anak didiknya.

“Alhamduliah, dengan semua kekompakan, kebersamaan dan jiwa patriotisme dasa darma yang tertoreh, Perwakilan Regu terbaik Pramuka Pangkalan SMP Negeri 39 di akhir penilaian, maju sebagai Juara Utama Regu Putra Terbaik Tingkat kwarcab Kota Bekasi,” kata Indra.

Masih kata Indra, ” Raihan ini adalah suatu hasil yang sangat membanggakan dalam prestasi pramuka SMPN 39.”

Saya, lanjut Indra, selaku kepala sekolah sangat bangga dan bersyukur memiliki putra-putri terbaik yang selalu memberikan warna prestasi dalam setiap lomba. Dan kebanggan terbesar serta apresiasi tertinggi, kami sampaikan pada Pelatih Pramuka SMPN 39 Kota Bekasi diantaranya Ka’ Bayu Kurniawan, Ka’  Naufal Adnan,
Ka’ Iskandar, Ka’ Rifal Mahendra, yang sudah berjuang keras dalam melatih Regu Pramuka.

Diakhir kata, Indra Gunawan mengatakan bahwa prestasi di bidang kepramukaan adalah salah satu bentuk dari pembinaan karakter yang dilakukan sekolah secara berkelanjutan dan simultan.

“Pendidikan bukan hanya bicara teknologi informasi atau pemanfaatan teknologi Cyber. Pendidikan kepramukaan pun perlu untuk terus ditumbuh kembangkan dalam pembentukan karakter siswa. Sekolah atau pun guru, dituntut untuk dapat menyelaraskan antara teknologi dan karakter budaya bangsa,” pungkasnya.■(GP-IP2)