Info Pendidikan News- Tulang Bawang-
Pembenahan demi pembenahan secara bertahap dan simultan terus dilaksanakan oleh pemerintah. Tiap sudut wilayah di berbagai pelosok pun mulai menggeliat.

Hariyanto, Kepala Tiyuh Gunung Menanti

Dan, Tiyuh (sebutan untuk desa di Lampung) Gunung Menanti, salah satu desa di kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung, juga turut melakukan pembenahan infrastruktur melalui Dana Desa (DD) 2019.

Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat ini memang diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur desa seperti pembukaan dan penimbunan badan jalan produksi, tujuannya adalah untuk memperlancar transportasi hasil pertanian. Lalu untuk pembuatan gorong-gorong, gapura, drainase, dan pagar balai desa.

Kepala Tiyuh Gunung Menanti, Hariyanto, mengatakan, dengan dibangunnya sarana infrastruktur tersebut akan membantu kenyamanan masyarakat dan memperlancar akses perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya Dana Desa (DD), tiyuh kami sangat terbantu dalam meningkatkan infrastruktur menjadi lebih baik,”Hariyanto, Kamis (19/9).

Lebih lanjut Hariyanto, menambahkan, melalui Dana Desa (DD) tahun 2019, pihaknya telah membuka badan jalan produksi sepanjang 3.5 km dan penimbunan badan jalan di 2 titik.

“Selain membuka badan jalan kita juga membangun drainase sepanjang 800 meter yang berlokasi di suku 2, 3, 4 dan 6,” jelas Hariyanto.

Sebelumnya, warga desa sangat kesulitan dalam mengangkut hasil pertanian.

“Dulu warga harus membawa hasil bumi, seperti singkong, sawit, jagung dan karet, menggunakan sepeda motor, tapi sekarang truk sudah bisa masuk,” jelas Hariyanto.

Lalu tambahnya, pembangunan drainase juga penting dilakukan sebagai antisipasi disaat musim penghujan, agar air tidak menggenang sehingga menimbulkan bibit penyakit bagi warga sekitar.

“Dengan adanya Dana Desa (DD) Tahun 2019, sangat membantu Tiyuh Gunung Menanti. Infrastruktur jadi mulus, transportasi dan distribusi bahan-bahan pertanian semakin lancar. Dan perekonomian juga perlahan meningkat,” pungkasnya. ■ Tim/Heri Apriyanto