TUMORESE SMKN 6 Bekasi Sabet Juara 1 Maket Civil Expo 2019

0
1187

Bekasi, Info Pendidikan
SMK Bisa. Hal inilah yang terus dibuktikan oleh siswa-siswi SMKN 6 Bekasi yang berhasil meraih juara pertama dalam ajang Maket Civil Expo 2019 melalui desain TO Door Modrn House (TUMORESE) yang mengedepankan konsep rumah Eco House di dalamnya.

Kepala Sekolah SMKN 6 Bekasi, Dyah Sulistianingsih, menuturkan keberhasilan yang diraih siswa-siswi SMKN 6 Bekasi melalui rancangan rumahnya dengan konsep Eco House di dalam konsep membangun rumahnya, menjadi bukti bahwa hasil karya siswa SMK diakui ketangguhan dan keunggulan serta kualitasnya.

“Kebetulan lomba ini diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan juara pertama model rumah Eco House melalui maket TUMORESE ini menjadi bukti kualitas rancangan yang dihasilkan oleh siswa SMKN 6 Bekasi,” tuturnya, Minggu (17/11).

Terpisah, Kepala Jurusan DPIB SMKN 6 Bekasi, Parlin Tambunan, mengatakan siswa jurusan DPIB SMKN 6 Bekasi yang berhasil merancang bangunan dengan konsep Eco House tersebut, didasari kepada fungsinya untuk membantu arsitek di dalam membangun dan mempresentasikan bangunan yang dirancang dalam bentuk maket.

“Maket ini kami rancang dengan maksud membantu arsitek di dalam mempresentasikan bangunan yang dirancangnya dalam bentuk maket,” ujarnya.

Sambung Parlin, TUMORESE yang dirancang para siswa SMKN 6 Bekasi tersebut bukan hanya menampilkan gaya arsitektural kuno dan tradisional dari negara Inggris, yakni tudor, tetapi TUMORESE ini juga menampilkan gaya arsitektural modern masa kini atau yang trend saat ini dengan tidak melupakan konsep Eco House yang ada.

Dijelaskannya pula, untuk rumah maket TUMORESE yang dirancang tersebut, rumah tersebut dilengkapi oleh keramik batu expose yang dibuat dari daur ulang abu vulkanik dan mampu menyerap bau menguap, rokok, hewan peliharaan, toilet, menyerap polusi dan menjaga kestabilan dari kelembaban udara sekitar maupun di dalam rumah serta dilengkapi pula dengan polikarbonat yang terbuat dari sitesa minyak bumi dan gas, sehingga bahan ini bisa meminimalisir penyerapan hawa atau energi panas ke dalam rumah.

“Dengan begitu bisa meminimalisir pantulan sinar balik matahari yang dapat mencegah kerusakan lapisan ozon pada bumi. Sehingga TUMORESE bukan hanya terlihat indah dan elegan tetapi juga dapat menjaga lingkungan hidup dan lingkungan sekitar,” tandasnya.■RIS