Info Pendidikan News- Kuningan-
GURU merupakan salah satu pembentuk karakter siswa disekolah, banyak cara yang dapat dilakukan guru dalam membentuk karakter peserta didik, salah satunya yaitu menerapkan budaya 5S “(senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), hal ini merupakan Implementasi  program penguatan pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas dengan mengintegrasikan nilai-nilai utama karakter kedalam proses pembelajaraan.

Kepala SDN GEREBA, Hj. Ratnawati S.Pd

Implementasi PPK juga tampak terlihat di sekolah-sekolah, SDN GEREBA Kramatmulya misalnya, sekolah yang saat ini dipimpin Hj. Sri Ratnawati S.Pd. Ini bukanlah sekolah besar melainkan sekolah kecil yang berdiri ditengah perkampungan warga. Peserta didiknya pun hanya  berjumlah 82 siswa, namun pencapaian prestasi  SDN GEREBA tidak kalah dengan sekolah lain yang berada di Kota. Berbagai prestasi pun terpampang meghiasi ruang guru sekolah itu, Prestasi ini dicapainya pada event-event bergengsi baik pada kegiatan rutin lomba kompetensi siswa maupun perlombaan yang sifatnya kontemporer.

Berikut prestasi SDN Gereba yang sudah diraih: juara Harapan 1 Lomba Calistung kelas 1, a/n : Anggun Angelita Virna, Juara 2 Lomba Cipta Puisi a/n : Andini Dara Nabila, Juara 3 Lomba Aksara Sunda Putri a/n : Alifa Dwi Apifah, Juara 1 Lomba Biantara Putri a/n : Dwi Astuti, Juara 1 Lomba Biantara Putra a/n : Herdi aditya permana, Harapan 3 Lomba Dongeng Putri a/n : Riska Ismawati, Harapan 1 Lomba Dongeng Putra a/n : Ilham Ramadhan, Juara 3 lomba OSN IPA a/n : Alifya Dwi Apifah.

Juara 2 lomba Calistung kelas 3 a/n : Bagus Ferdi Pratama, Juara 2 Lomba Calistung kelas 2 a/n : Dea Auliya, Harapan 1 lomba gambar Bercerita a/n : Fitri Alysha, Juara 3 Lomba Pildacil SD/MI se- Kec Kramatmulya Tahun 2018 a/n Dwi Astuti, medapat Piagam penghargaan sebagai Peserta lomba OSN IPA Tk. Kab. Kuningan, Piagam penghargaan Sebagai peserta lomba mapel IPA SD sederajat TK Kab. Pada Bioscope (biology science and Sport).

“Ketika menerima SK saya harus siap memajukan sekolah dan menjadikan sekolah ini rumah kedua saya, hasil pencapaian ragam prestasi  ini merupakan kerja sama team yang solid, begitupun dengan Komite sekolah yang miliki peranan penting dalam memajukan sekolah. Walaupun sekolah kecil kerjasama disini sangat luar biasa, Kedisiplinan sudah dibiasakan dari diri sendiri mulai dari hal hal kecil seperti penerapan ( 5S), senyum, salam, sapa, sopan, dan santun” kata Ratnawati yang ditemui baru baru ini.

Di lanjutkannya, disamping itu tentang kesadaran ketika kita melihat sesuatu yang tidak pada tempatnya, tanpa harus diperintah mereka mengerti dan langsung menempatkannya pada tempatnya karena timbul dari diri sndiri, misalnya saat melihat sampah, mereka  langsung membuang  pada tempatnya, ini bukan hanya dilakukan oleh siswa, terlebih guru-guru yang harus memberikan contoh”, kata Sri Ratnawati yang memimpin SDN Gereba sejak 3 tahun lalu (2017-2018).

“Kami tidak memiliki petugas khusus kebersihan, lanjutnya,“ namun bisa di lihat sekolah ini miliki lingkungan yang bersih dan sehat karena seluruh masyarakat sekolah punya tanggung jawab bersama dan rasa memiliki,” jelasnya.

“Komite sekolah disini kebetulan adalah BPD Desa Gereba, walaupun SDN Gereba belum tersentuh DAK, Alhamdulillah sekolah mendapat bantun dan kepedulian dari pemdes setempat berupa pembangunan tembok sekolah yang dibangun baru baru ini. Tentu kami merasa bersyukur atas perhatian Pemdes, selain tembok sekolah, Pemdes juga  berencana akan membangun sarana sanitasi seperti Wastafel, mushola pun sudah tersedia di SDN Gereba,” sambungnya.

“Tentunya ini menunjang sekolah dalam membentuk Karakter siswa”. Sri Ratna juga mengatakan melalui KASI Sarpras Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan,  saya sudah mengajukan agar dibangunnya sarana sanitasi WC sekolah, semoga tahun 2020 ajuan tersebut  dapat terealisasi,”harap Sri Ratna.■B@mb