Info Pendidikan News-Kuningan-
PRAMUKA adalah satu-satunya organisasi kepanduan yang menanamkan pendidikan karakter bagi kaum muda yang tahan banting, mandiri, berani, jujur, disiplin dan pantang menyerah, tak heran jika organisasi kepanduan ini antusias diminati oleh peserta  didik baik pada bidang study maupun Ekskul ditiap- tiap Gudep.

Evaluasi keberhasilan gudep dalam menyelenggarakan Pramuka tentu menjadi keharusan, malalui prosesi lomba Tingkat ini adalah sebagai tolak ukur keberhasilan gudep, seperti hasil liputan media ini beberapa waktu lalu.

Bertempat di Buper Cilaja, Pramuka Kwarran Kramat Mulya sukses menggelar Lomba Tingkat II, Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, Rabu s/d Jumat (25-27/09) diikuti dari berbagai  Gugus depan (Gudep). Sedikitnya ada 57 gudep yang berada di wilayah Kwartir ranting Kramat Mulya ikut meramaikan kegiatan LT 2 ini, masing masing gudep itu terdiri dari 44 gudep SD, 6 gudep MI, 4 Gudep SMP, 2 Gudep MTs, 1 Gudep Aliyah dan 23 personil dari DKR.

Kegiatan yang diawali dengan Upacara pembukaan ini dibuka oleh ka. mabigus Kak Sutisna pada pukul 09 : 30 WIB, selain para mabigus, upacara pembukaan turut dihadiri oleh sekertris kwarcab . Kab kuningan, Kapolsek juga Danramil (Para Mabiran).

Dalam sambutannya ka. mabigus Kak sutisna mengatakan “ begitu pentingnya gerakan Pramuka bagi generasi bangsa, hal ini tertuang dalam UU No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, sesuatu yang menggunakan Kata Gerakan itu harus dinamis, dikaji dan dianalisa secara berkesinambungan dan harus ada Evaluasi “ kata Sutisna.

Jika pada kurikulum 2013, lanjutnya, Pramuka menjadi salah satu bidang study dalam proses pengajaran maka  pramuka harus di maksimalkan, namun jika bukan bidang study, maka Pramuka itu wajib diadakan pada kegiatan Ekskul di masing masing Gudep. Pada kegiatan LT 2 ini milikilah jiwa semangat dalam berlomba agar muncul anggota anggota pramuka terpilih dan berprestasi untuk menyongsong LT 3 mendatang,” sambungnya.

Usai pembukaan, hal senada juga dikatakan oleh sekretaris kegiatan Kak Elon Suhilan S.Pd ditemui tempat terpisah mengatakan “ Tentu hasil dari kegiatan ini akan muncul juara juara LT 2 Kwarran Kramat Mulya, kegiatan ini juga merupakan evaluasi  LT 1 dari tiap tiap Gudep yang berprestasi sehingga Kwarran Kramatmulya siap untuk berlomba pada LT 3 yang akan diselenggarakan oleh Kwarcab Kabupaten Kuningan. Kegiatan ini dititik beratkan pada Lomba-lomba  technik kepramukaan (Tekpram), pengetahuan umum dan lain sebagainya tentang kepramukaan”ujar kak Elon.

‘’Dengan diadakannya LT 2 ini Pramuka Kwarran kramatmulya dapat lebih maju dan lebih baik dalam Prestasi”  harapnya,  tahun lalu Kwarran Kramat mulya raih Prestasi  juara 3 putri dan juara 4 LT 3 SD Kwarcab Kabupaten kuningan,” jelasnya.

Dengan mengususng Tema “ Pramuka Jati diriku, Prestasi Reguku, Trisatya Janjiku, Dasa Darma amalanku”  LT II Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Kramatmulya berjalan baik dan lancar.

Sementara ketua Kwaran Karamat mulya kak. H. Budianto mengatakan “Lomba Tingkat II ini merupakan pertemuan Pramuka Penggalang yang kemas dalam bentuk Perkemahan selama tiga hari. Kegiatan ini untuk menguji prestasi dan evaluasi dari hasil latihan di masing-masing gugus depan serta terciptanya Pramuka Penggalang yang kreatif, terampil, mandiri serta berpotensi dan menjunjung tinggi jiwa sportifitas dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,”ungkapanya.

“Gerakan Pramuka sangat bermanfaat di tengah masyarakat, khususnya di Kecamatan Kramat Mulya,  ‎saya yakin setiap siswa yang aktif dalam gerakan Pramuka dapat terhindar dari pengaruh negatif yang dapat merusak potensi dan kualitas dirinya, terutama berkaitan dengan kenakalan remaja, seperti tawuran,  narkoba dan lain-lain.

“Banyak hal pengalaman dan pengetahuan yang akan didapatkan dari peserta dalam kegiatan LT II. Karena itu, kita harap semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai, semua materi yang diberikan bisa dijadikan modal untuk pembentukan karakter mereka, saya ucapkan  terima kasih kepada peserta, pembina pendamping dan kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan dari awal sampai berakhirnya kegiatan ini” pungkasnya.■B@mb