Info Pendidikan News-Jakarta-
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat)  DKI Jakarta meraih Akreditasi A dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Subejo mengatakan, LAN RI memberikan Akreditasi A untuk dua jenis rumpun pendidikan dan pelatihan (Diklat) yakni, Diklat Pencegahan dan Diklat Penyelamatan.

“Kedua rumpun Diklat tersebut meraih predikat A dari yang sebelumnya predikat B. Sedangkan, untuk Diklat Penanggulangan kami telah meraih predikat A pada tahun 2015 dan akan direakreditasi pada tahun 2020,” kata Subejo, Kepala Dinas Gulkarmat DKI, Kamis pekan lalu (28/11).

Dijelaskan Subejo, hasil tersebut diraih karena adanya perbaikan-perbaikan dalam penyelenggaraan diklat antara lain, perbaikan sarana dan prasarana, SDM tenaga instruktur, serta perbaikan SDM penyelenggara diklatnya.

“Perbaikan pada masing-masing SDM tersebut dilakukan dengan melengkapi Sertifikasi Diklat ToT untuk tenaga instruktur dan Sertifikasi Diklat TOC untuk tenaga penyelenggara diklat,” terangnya.

Dikatakan Subejo, dalam proses penilaiannya Pusdiklatkar Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menghabiskan waktu kurang lebih lima bulan untuk melengkapi persyaratan pengajuan peningkatan predikat melalui bidang Akreditasi Lembaga Pelatihan Pemerintah.

Adapun sejumlah tahapan yang dijalani antara lain, melengkapi dokumen dan administrasi, penginputan dokumen ke dalam sistem SIDA LAN, visitasi oleh tim penilai, dan Sidang Penetapan Akreditasi.

“Melalui diterimanya sertifikat Akreditasi A ini saya harapkan penyelenggaraan Diklat ke depannya lebih baik lagi,” tandasnya.■(Saripudin/BJ)