Kantor Wali Kota Jaktim Dirikan Pusyankes untuk Masyarakat Umum

0
382

Jakarta, Info Pendidikan
Pusat Layanan Kesehatan (Pusyankes) Kantor Wali Kota Jakarta Timur kini bisa diakses masyarakat di lantai dasar Gedung Blok A Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jl Dr Sumarno, Pulogebang, Cakung.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, sebelum dipindah ke lantai dasar, pusyankes berada di lantai tiga kantor wali kota. Dengan dipindahkannya pusyankes ke lantai dasar diharapkan dapat memudahkan para ASN maupun masyarakat sekitar untuk mengakses layanan kesehatan tersebut.

“Pelayanan kesehatan yang kita berikan bukan hanya untuk internal pegawai saja namun juga eksternal. Karena di sekitar kantor ada perkampungan warga  sehingga semua harus dilayani dengan baik, termasuk juga pasien anggota BPJS Kesehatan,” ujar Anwar, Selasa pekan lalu.

Dikatakan Anwar, Pusyankes Kantor Wali Kota Jakarta Timur sejak Januari hingga November tahun ini telah melayani sekitar 3.500 pasien. Rata-rata pasien yang datang per hari sekitar 20 orang dengan keluhan seperti, hipertensi, ISPA, obesitas dan diabetes.

Kepala Bagian (Kabag) Umum Setko Jakarta Timur, Panangaran Ritonga mengatakan, alasan dipindahkannya pusyankes dari lantai tiga ke lantai dasar agar keberadaannya banyak diketahui orang. Selain itu, agar ASN maupun masayarakat yang hendak berobat juga lebih mudah menjangkaunya.

“Pembangunan Pusyankes ini satu paket anggarannya dengan renovasi kantor di lantai satu, lima, enam dan tujuh kantor wali kota sebesar Rp 10,5 miliar. Khusus untuk pusyankes, memang kami minta dipercepat penyelesaiannya. Sedangkan renovasi kantor lainnya sesuai jadwal pada 17 Desember mendatang,” kata Ritonga.

Ritonga menambahkan pembangunan pusyankes di lantai dasar sudah dimulai sejak Agustus dan dapat dirampungkan pada bulan November 2019.

“Di lantai dasar ruangannya lebih representatif dan mudah dijangkau oleh masyarakat,” sambung Ritonga. ■(Saripudin/BJ)