Damkar DKI Jakarta Raih Prestasi dalam ajang SGFPC 2019

0
1379

Jakarta, Info Pendidikan
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta kembali menorehkan prestasi yang sangat membanggakan dikancah Internasional dalam ajang “Singapore Global Firefighters And Paramedics Challenge (SGFPC) 2019” pada bulan November lalu.

(Plt) Kadis Gulkarmat DKI Jakarta, Subejo.

Ketujuh personel Dinas Gulkarmat DKI Jakarta yang menerima piagam penghargaan setelah mengharumkan bangsa Indonesia tersebut adalah Imbang Satria, Hotto Lumban Gaol, Jatiur Sinaga, Nurhidayat, Junaidi, Supriyanto, dan Suradi.

Ketujuh personel tersebut berhasil memperoleh predikat The Best Management Team dalam INSARAG dan CSSR dengan total raihan tujuh medali.

Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Subejo.

Subejo mengatakan, raihan ini membuktikan bahwa keterampilan para personel pemadam kebakaran (Damkar) dalam penanganan kebakaran dan penyelamatan tidak perlu diragukan lagi.

“Artinya petugas Damkar DKI Jakarta bisa berbicara di level Asia, secara keterampilan kita tidak kalah dengan negara lain. Tinggal kita bagaimana melakukan pembinaan dan memotivasi mereka berlatih,” kata Subejo, Senin (9/12).

Subejo menambahkan jenis lomba yang dipertandingkan pada Singapore Global Firefighters And Paramedics Challenge (SGFPC) 2019 materinya sama dengan pelatihan dan pendidikan yang rutin digelar Dinas Gulkarmat DKI Jakarta.

“Itu sudah menjadi kegiatan rutin, karena keterampilan kalau tidak dilatih bisa berkurang,” ujar Subejo.

Dijelaskan Subejo, piagam penghargaan diberikan kepada tujuh personel sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang mereka raih, sekaligus memotivasi personel damkar lainnya untuk semakin giat berlatih mengasah keterampilan mereka.

Untuk diketahui, pada penyelenggaraan SGFPC tahun lalu kontingen Dinas Gulkarmat DKI Jakarta berhasil membawa pulang 12 medali.

Dengan rincian sebagai berikut, 6 medali Insarag (International Search and Rescue Advisory Group), 2 medali Mix Braveheart, dan 4 medali Race for Responders.■(Saripudin/BJ)