Wali Kota Bekasi Pimpin Deklarasi Menuju Sekolah Sehat di SMPN 12 Kota Bekasi

0
2421

Bekasi, Info Pendidikan
Dr. H. Rahmat Effendi, Wali Kota Bekasi, menghadiri sekaligus memimpin Deklarasi Menuju Sekolah Sehat di SMPN 12 Kota Bekasi, Sabtu (11/12). Pendeklarasian ini dihadiri semua stakeholder sekolah, mulai dari staf, guru, kepala sekolah, komite dan orang tua murid.

Wali Kota Bekasi Tandatangani Deklarasi menuju sekolah Sehat di SMPN 12 

Tampak juga hadir Dr. H. Inayatulah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bekasi, Perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, unsur kepolisian dan tentara di lingkup Kecamatan Bekasi Selatan.

Wali Kota Bekasi Rahmad Effendi, di sambut guru-guru dan siswa SMPN 12

Pendeklarasian Sekolah Sehat ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Go Green di SMPN 12 Kota Bekasi yang selalu dilaksanakan tiap 2 tahun sekali.

Wali Kota menanam pohon rambutan sebagai simbolis mengawali kegiatan Go Green di SMPN 12 Kota Bekasi

Go Green secara definisi adalah sebuah program dalam upaya untuk menyelamatkan bumi. Program Go Green sendiri merupakan program universal untuk menyelamatkan bumi dari segala kerusakan akibat ulah manusia. Dimana cara penyelamatan dilakukan dengan menitik beratkan pada penghijauan lingkungan.

SMPN 12 Kota Bekasi, sebagai sebuah institusi pendidikan, berusaha menanamkan budaya dan karakter, mencintai lingkungan, kepada anak didik, dengan mengkampanyekan Go Green, sebagai agenda tetap sekolah.

Untuk Go Green tahun ini, SMPN 12 mengusung tema, Belajar Sehat Diawali dengan Lingkungan Bersih di Sekolah. Tema ini dituliskan dalam selembar kain putih panjang, yang akan dibubuhi tanda tangan sebagai bentuk pernyataan komitmen tiap civitas sekolah dalam giat penyelamatan bumi.

Acara Go Green SMPN 12 diawali dengan penandatanganan deklarasi “SMP Negeri 12 Kota Bekasi Menuju Sekolah Sehat sesuai Dengan Visi Kota Bekasi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan”.

Wali Kota, didaulat sebagai yang pertama membubuhkan tanda tangan, disusul Kepala Dinas Pendidikan, DP3A, Dinkes, Kepala Sekolah, dewan guru, dan siswa. Kemudian dilanjutkan dengan penyematan Duta Sehat Sekolah kepada 1 orang siswa dan 1 siswi.

Setelah menandatangani deklarasi tersebut, Wali Kota Bekasi kemudian melanjutkan dengan menanam pohon secara simbolis berupa pohon rambutan. Hal yang sama juga dilakukan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala SMP Negeri 12 Kota Bekasi.

Dra. Hj. Sungkawati, MPd, kepada IP, mengatakan bahwa prosesi penanaman pohon ini bertujuan memberikan motivasi kepada siswa untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Dia mengatakan, dengan adanya pepohonan maka akan menjaga polusi udara agar udara tetap segar.

Rangkaian acara Go Green, yang didahului kegiatan Fun Walk, semakin tampak  meriah dengan gelaran Pentas Seni, yang menampilkan kreativitas siswa, dan juga sebagai ajang silaturahmi antar siswa, siswa dengan guru dan juga orang tua murid dengan sekolah.

Acara kemudian ditutup dengan pemberian hadiah dan penarikan doorprize serta pembagian hadiah kepada guru dan staf, yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah.■(GP-IP2)