Jakarta, Info Pendidikan
Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengadakan Gebyar Kreativitas dan Literasi Siswa SMA tahun 2020 di Kantor Dinas Pendidikan, Setiabudi, Jakarta Selatan selama dua hari, 15 dan 16 januari 2020.

Kegiatan yang diikuti oleh SMA Negeri di Jakarta ini dimeriahkan oleh pentas seni, pameran, workshop dan talkshow, serta bincang buku.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan Gebyar Kreativitas dan Literasi Siswa SMA ini sebagai wujud nyata pencapaian mutu pendidikan di DKI Jakarta.

“Saya menganggap kata gebyar merupakan puncak-puncak kualitas siswa SMA yang ditampilkan melalui penampilan seni, karya cipta literasi, yang dikemas secara cerdas dengan memadukan antara tuntunan dan tontonan,” ujarnya seperti dikutip dari laman beritajakarta, Rabu (15/1).

Nahdiana menuturkan gebyar ini  diselenggarakan sejak tahun 2016. Kreativitas peserta didik tidak hanya dipertontonkan, tetapi juga dijadikan sebagai sarana mengedukasi publik yang lebih luas.

“Ini menjadi share best practice dalam mengelola dan menampilkan cipta seni, sehingga memenangi beberapa kompetisi. Artinya, tidak hanya penampilan ataupun pentas seni di panggung utama ini, tetapi proses kreatif karya cipta seni tersebut diperbincangkan, didiskusikan, secara lebih mendalam,” tuturnya.

Nahdiana berharap acara-acara serupa seperti ini perlu dilakukan secara rutin, baik di skala sekolah, provinsi, bahkan diperluas ke dalam skala regional maupun internasional.

“Untuk itu, visi pendidikan di Jakarta, yaitu pendidikan tuntas dan berkualitas harus menjadi acuan bagi seluruh pemangku kepentingan pendidikan,” tandasnya.■ (Saripudin/PS)