Kota Metro, Info Pendidikan
Lomba Kompetensi Siswa (LKS), O2SN dan FLS2N SMK tingkat Kota Metro 2020 resmi dibuka Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK Provinsi Lampung, Dra. Zuraida Hairustika, M.M, di Gedung Serba Guna SMKN 2 Kota Metro Senin 20/01/2020.

Hadir dalam pembukaan lomba tersebut, selain Kepala Bidang (Kabid) PSMK Provinsi Lampung untuk membuka acara, juga dihadiri para pengawas SMK Kota Metro, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin), Kepala SMK Negeri dan Swata Kota Metro serta para peserta lomba.

Lomba yang digelar oleh MKKS SMK Kota Metro ini mengusung tema “Menuju SDM Kompeten dan Berkarakter Era Digitalitasi” dengan tujuan untuk memicu sekolah menengah kejuruan (SMK) agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kerja siswanya, selain itu dapat memupuk persahabatan dan kerja sama antar peserta didik sebagai wahana pengembangan kompetensi siswa SMK.

Dalam sambutanya, Kepala Bidang Pembinaan SMK Provinsi Lapung, Zuraida mengatakan sangat mengapresiasi terselengaranya kegiatan lomba siswa SMK tersebut, “Saya mengharapkan akan tercipta insan yang cerdas, sehat jasmani dan rohani, seportifitas dan berdidikasi sebagai kader penerus dan pemimpin bangsa di masa yang akan datang,”ungkapnya.

Sementara Ketua MKKS SMK Kota Metro, Dr. Armina, M.Pd sekaligus Kepala SMK Negeri 2 Kota Metro menyampaikan ada tiga lomba sekaligus yang dilaksanakan mulai tanggal 20 Januari S/D tanggal 19 Februari 2020 mendatang.

“Untuk lomba bidang LKS pesertanya diikuti oleh 25 cabang lomba, lalu kemudian ada 1 cabang lomba eksibisi  iyaitu Tune Up Mesin Diesel Engine Mitsubishi Fuso, sedangkan peserta adalah siswa SMK Negeri dan SMK Swasta yang ada di Kota Metro,” jelasnya.

Selanjutnya Armina menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menjaring siswa berprestasi dan yang menjadi juara akan mewakili Kota Metro melaju ke tingkat Provinsi Lampung,”sambung Armina yang juga selaku tuan rumah dalam lomba ini.

Armina juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada para peserta yang mengikuti kegiatan lomba “Dan jangan lupa untuk menjunjung tinggi sportifitas, dan percayalah bahwa proses itu tidak akan pernah menghianati hasil. Berprestasi itu penting namun sportifitas itu jauh lebih penting,” pungkasnya.

Di akhir acara, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Lampung Dra. Zuraida Hairustika, M.M secara simbolis memukul gong tanda Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N ) Tingkat Kota Metro telah resmi dibuka.■ Medi