Bekasi, Info Pendidikan
Guru-guru SMPN 13 Kota Bekasi mengikuti pelatihan “Orientasi Pembina Pramuka” Ekskul wajib pendidikan kurikulum 2013.

Sebanyak 41 guru mengikuti pelatihan dari kakak-kakak pembina Pramuka Kwarran Bekasi Barat, dan kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 22 s/d 23 Januari 2020 dilingkungan sekolah.

Pelatihan ini bertujuan agar para guru pembina pramuka di SMPN 13 Kota Bekasi dapat menurunkan ketrampilan kepramukaan kepada siswa- siswinya.

Ketua Pramuka Bekasi Barat, Rusi Maerheni, kepada IP saat memberikan materi di sela-sela kegiatan mengatakan, para peserta sebanyak 41 orang adalah guru-guru SMPN 13 Kota Bekasi, mereka mengikuti pembinaan pramuka secara tertulis dan juga latihan praktek.

“Para pembina pramuka atau pelatih pramuka harus terlebih dahulu mengikuti pelatihan, sebelum membina para siswanya,”ungkap Rusi.

Ia, juga mengatakan bahwa tugas seorang pembina pramuka adalah mengajar, mendidik, dan melatih. “Perlu kita ketahui, ada tiga hal yang harus ditanamkan kepada peserta didik, yaitu Karakter, Nilai Kebangsaan, dan Keterampilan,”terangnya.

Sementara Kepala SMPN 13 Kota Bekasi Hj. Mariam S.Pd kepada IP mengatakan sesuai aturan kurikulum 2013 (K13) setiap sekolah wajib melakukan kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

“Untuk itu, guru-guru pembina pramuka di SMPN 13 Kota Bekasi harus mampu menguasai ilmu kepramukaan,”ungkapnya.

“Kegiatan ini diadakan sebagai upaya mendorong guru-guru pembina agar memiliki potensi diri yang kreatif dan terampil, sehingga dapat mengajarkannya kepada siswa,” jelas Mariam.

 

Ditempat terpisah, pembina pramuka putri SMPN 13 Kota Bekasi, Hj. Endang Sri Rejeki S.Pd. M.Pd mengatakan pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan para guru pembina pramuka di SMPN 13 Kota Bekasi.

“Selain untuk meningkatkan pengetahuan kepramukaan, juga agar dapat memahami pendidikan pramuka yang baik dan benar, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan pelatihan ini pramuka SMPN 13 Kota Bekasi akan semakin baik kedepan,” ungkap Hj. Endang, yang menjadi salah satu pengerak kegiatan tersebut.■ JOS