Bekasi, Info Pendidikan
Bertempat di Hotel Amarosa Kota Bekasi sebanyak 45 guru SMP Kota Bekasi mengikuti pelatihan literasi Nasional. Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 18 s/d 21 Februari 2020.

Kegiatan Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Yopik Roliyah S.Pd. MM, dihadiri Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, Drs.Umar Solikhan, M.Hum, Narusumber serta forum literasi guru SMP Kota Bekasi.

Pelatihan literasi Nasional tersebut bertujuan memberikan pengetahuan baru kepada forum literasi guru SMP Kota Bekasi mengenai literasi agar dapat meningkatkan kreativitas guru dalam merancang strategi pengembangan literasi anak di sekolah.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi Yopik, kepada IP mengatakan Pelatihan Literasi Nasional di Kota Bekasi ini akan membekali forum literasi guru SMP Kota Bekasi dengan pemahaman dan pendidikan tentang literasi baca anak untuk diterapkan di lingkungan sekolah.

“Guru-guru di Kota Bekasi kini harus menghadapi peserta didik di Era Milenial untuk itu harus ada inovasi mengubah literasi lama ke literasi baru,”ungkap Yopik.

“Keterampilan literasi guru menjadi sangat penting untuk masa depan pendidikan di Kota Bekasi untuk itu, harus ada inovasi mengubah literasi lama ke literasi baru,”tambahnya.

Literasi tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan karena menjadi sarana peserta didik dalam mengenal dan memahami ilmu yang mereka dapatkan disekolah. Untuk itu strategi pengembangan literasi guru disini sangat penting untuk mendukung minat baca siswa,” kata yopik.

Ia juga menjelaskan tentang inovasi layanan baca buku di sekolah-sekolah yang ada di Kota Bekasi harus selalu berinovasi menyesuaikan perubahan jaman.

“Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi kedepan akan menyediakan tempat baca buku disudut-sudut yang tersedia di lingkungan sekolah, hal ini untuk mendukung minat baca anak di Kota Bekasi,”jelas Yopik.

Di lingkungan sekolah kita masih banyak tempat untuk menyediakan sudut baca dan ruang kelas juga dapat digunakan,”jelasnya.

Namun kata dia, disisi lain harus ada komitmen dari guru-guru dan Kepala Sekolah untuk lebih baik sehingga sekolah literasi yang diprogramkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi dapat terlaksana.

Kedepan kita akan terus melakukan dan mengkampanyekan program literasi sekolah baik ditingkat SD maupun SMP untuk mendukung Visi dan Misi “Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan” yang sudah dicanangkan oleh pemerintah Kota Bekasi.,”pungkas Yopik.■ JOS