Bekasi, Info Pendidikan
Dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (22/2), Hj. Rusti Setiyarti, SPd, MM, Plt. Kepala SMAN 9 Bekasi, dalam sambutannya, mengharapkan agar siswa SMAN 9 Bekasi serius dalam mengikuti pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Meneladani akhlaq Nabi Muhammad SAW, dan suatu hari nanti dapat menjadi expert, hands-on, dan menjadi ahli di bidang masing-masing.

Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad, adalah agenda kegiatan rutin tahunan SMAN 9 Bekasi. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini juga tidak lupa digelar. Namun menjadi sangat istimewa, karena Habib Alwi bin Muhammad Al Athos, Pemimpin Majelis Al Munawwir Bekasi, didaulat untuk memberikan tauziah dan pembekalan kepada semua civitas sekolah.

Dipusatkan di lapangan tengah sekolah, acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar dan berjalan dengan khidmat. Dan tepat pukul 09.00 WIB, Rusti Setiyarti membuka acara secara resmi sekaligus memberikan kata sambutan, disaksikan hampir semua siswa, guru dan staf.

Dari keterangan siswa, yang menjadi panitia pelaksana acara, mengungkapkan bahwa sejak jam 6 pagi, mereka sudah stand by di sekolah mempersiapkan acara. Setelah briefing terlebih dahulu, barulah acara dimulai dengan pembacaan Ratib dan Tahlil, kemudian pembacaan Tilawatil Quran, lalu disusul dengan sambutan kepala sekolah.

Rusty Setiyarti dalam sambutannya mengatakan, “Nabi Muhammad SAW adalah tauladan yang baik pada semua lini kehidupan. Dengan mukjizat Al Qur’an yang di dalamnya juga terkandung ilmu pengetahuan, maka generasi muda, khususnya siswa-siswi SMAN 9 harus dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengambil bagian dari fardhu kifayah. Dapat menjadi orang-orang ahli di bidangnya.” Ada ayat Al Qur’an, sambung Rusty, Surat Al Mukminun ayat 13-14 berbicara tentang fase terbentuknya janin dalam rahim ibu. Maka siswa SMAN 9 harus ada yang menjadi dokter ahli kandungan khususnya para perempuan. Terus, ada juga ayat tentang gunung, maka banyak yang dapat dipelajari dari gunung, seperti ahli geologi, metalurgi dan lain sebagainya.

Diakhir sambutannya, Rusty mengungkapkan pengharapannya, melalui acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, siswa dapat mengambil teladan yang sudah diperlihatkan Nabi. Apalagi menjelang ujian sekolah dan ujian nasional yang sebentar lagi akan dihadapi, Rusty berharap siswa dapat lebih semangat belajar, dan capaian nilai ujian nasional mereka memperoleh nilai baik dan memuaskan.

Sedangkan Habib Alwi dalam tauziahnya menekankan agar para siswa menjaga akhlaq dalam bersikap. Baik di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Jauhi pergaulan-pergaulan yang menjauhkan mereka dari tauladan nabi. Hindari pergaulan bebas, apalagi narkoba. Habib Alwi juga menegaskan agar para siswa yang ada untuk tidak lupa akan kewajibannya. Rajin belajar dan mencontoh teladan Nabi.

Dan terakhir dia meminta agar para generasi muda, bisa menjadi teladan dimana saja. Selalu menjaga persatuan dan kesatuan, mewujudkan negara yang “Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur”. Habib Alwi juga berharap agar siswa kelas XII yang akan sebentar lagi akan menempuh ujian, sukses dan mendapatkan nilai yang baik. Dan tercapai apa yang dicita-citakan.■ (GP-IP2)