Bekasi, Info Pendidikan
Puluhan siswa dari 57 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bekasi Selatan, mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kecamatan dikompleks SDN Pekayon Jaya IV & V Rabu, (04/03/2020).

Salah Satu Siswa Peraih Juara dari SDN Pekayon Jaya VI foto bersama Guru dan Kepala Sekolah

Para peserta lomba yang mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini merupakan siswa-siswi terbaik dari sekolah masing-masing dan mereka mengikuti seleksi untuk menentukan wakil Kecamatan Bekasi Selatan pada KSN tingkat Kota Bekasi nanti.

Para Siswa Menerima Piala dan Sertifikat

Dengan mengusung tema “Kompetisi Sains Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptip Terhadap Perubahan”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Bekasi Selatan serta membina karekter siswa agar berintegritas dan berprestasi.

Hadir dalam lomba KSN tersebut Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Kordinator UPP Bekasi Selatan, Kepala Sekolah, Pengawas Pendidikan SD, para guru pendamping, siswa peserta lomba dan orang tua siswa.

Mawardi. S.Ag

Ketua Panitia Mawardi. S.Ag kepada IP mengatakan lomba KSN tersebut di ikuti 33 SD Negeri dan 24 SD Swasta. “ada 57 sekolah yang mengikuti KSN kali ini dan tiap sekolah mengirim 2 siswa, jadi ada 114 siswa peserta,”ungkap Mawardi.

“KSN ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya, dulu namanya Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan sekarang namanya menjadi Kompetisi Siswa Nasional (KSN). Dan lomba KSN sebagai pembinaan bakat dan potensi peserta didik dalam bidang sains serta melatih karakter siswa untuk jujur dan berprestasi,”sambungnya.

Para siswa yang mewakili sekolahnya datang untuk bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya. Mereka berlomba menjadi yang terbaik meraih tiket menuju Kompetisi Sains Nasional tingkat Kota Bekasi nanti,”tambah Mawardi.

“Dengan lomba KSN ini para siswa dapat menunjukkan kemampuannya di bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, untuk berprestasi,”pungkasnya.

Mawardi juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua K3S Kecamatan Bekasi Selatan dan seluruh Kepala Sekolah yang telah ikut mendukung KSN tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik.

Setelah dilaksanakannya lomba KSN tingkat Kecamatan Bekasi Selatan ini, kini mereka telah mendapat siswa berprestasi yang akan maju ke tingkat Kota Bekasi nanti.

foto Penyelenggara Kompetisi Sains Nasional

Dan berikut nama-nama siswa dan asal sekolah peraih juara lomba KSN tingkat Kecamatan Bekasi Selatan Tahun 2020.

Untuk Juara 1 bidang studi Matematika diraih atas nama Hasan Syathir dari SDI Darussalam, Juara 2 atas nama Tama dari SDN Pekayon Jaya VI dan Juara 3 diraih oleh Ardean Saguna Bimanugrah dari SDI Darussalam Cikunir.

Untuk juara harapan 1 atas nama Kenneth dari SDS Dian Karunia, harapan 2 atas nama Rasya Fadillah dari SDN Kayuringin Jaya VI dan harapan 3 atas nama Masfatah Fathul Hidayat dari SDN Jakasetia III.

Sementara untuk Juara 1 bidang studi IPA diraih atas nama Abigail M.P.H Tambunan dari SDS Harapan Mulia, juara 2 atas nama Garry Fiddel Ryszard dari SD Maria Fransiska dan juara 3 atas nama Fayyad atha Ananda dari SDN Jakasetia III.

Juara harapan 1 atas nama Bayu Daniswara dari SDN Kayuringin Jaya VI, juara harapan 2 atas nama Sulyan Syah Raffi dari SDN Marga Jaya 1 dan juara harapan 3 atas nama Evan Farrel Arkana dari SDIT Al Ikhlas.

Bagi para siswa yang mendapat juara dalam lomba KSN tingkat Kecamatan Bekasi Selatan ini, akan mengikuti KSN tingkat Kota Bekasi dan jika berhasil ditingkat Kota Bekasi akan ikut ketingkat Provinsi dan seterusnya.

Kompetisi Sains Nasional adalah salah satu lomba paling bergengsi dalam bidang akademik siswa dan KSN juga merupakan tolak ukur dalam keberhasilan para guru dan sekolah dalam mendidik siswa-siswinya.■ JOS